ENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS XI TKJ SMK NEGERI 1 LOEA KAB. KOLAKA TIMUR

NIKEN ESTIYAR, NIM. 13010101090 (2017) ENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS XI TKJ SMK NEGERI 1 LOEA KAB. KOLAKA TIMUR. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
cover..pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (500kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (537kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Niken Estiyar. Nim.13010101090“Peningkatan Aktivitas Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Pada Siswa Kelas XI tkj SMK Negeri 1 Loea Kab. Kolaka Timur” Dibimbing oleh: Dr. Samrin, M. Pd.I Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatkan aktivitas belajar pendidikan agama Islam pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 loea dengan model pembelajaran student team achievement devision.jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMK Negeri 1 loea yang berjumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk mengetahui aktivitas siswa dan kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru, sedangkan dokumentasi dilakukan sebagai barang bukti bahwa peneliti benar benar melaksanakan penelitian di sekolah tersebut terhadap peningkatan aktivitas belajar PAI siswa kelas XI SMK Negeri 1 Loea dengan model pembelajaran student team achievement devision. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Adapun indikator keberhasilan tindakan ditandai dengan minimal 75% dari jumlah siswa pada kategori aktif. Aktivitas tersebut meliputi aktivitas presentase, menjawab pertanyaan, kerjasama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student team pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Loea dapat meningkatkan aktivitas belajar PAI. Aktivitas belajar PAI pada pra tindakan yaitu seluruh siswa pada kategori kurang. Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan setelah dilakukan tindakan pada siklus I yaitu berupa kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe student team achievement devision. Pada siklus I mengalami peningkatan 80%, dari kondisi awal tidak ada siswa yang mencapai kategori aktif meningkat menjadi 80% siswa pada kategori cukup. Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan kembali pada siklus II setelah dilakukan perbaikan tindakan yaitu dengan meminta seluruh anggota kelompok untuk mengajarkan topiknya di depan kelas dan guru menghargai setiap gagasan siswa serta memberikan dukungan dan penghargaan berupa tepuk tangan pada siswa saat akan presentasi. Aktivitas belajar PAI dengan model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement devision pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Loea pada siklus II meningkat 15%, siklus I sebesar 80% meningkat menjadi 95% siswa pada kategori aktif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Aktivitas Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Sta
Subjects: Filsafat dan Perkembanganya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Sabania Mariona
Date Deposited: 16 Nov 2017 03:13
Last Modified: 16 Nov 2017 03:13
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/681

Actions (login required)

View Item View Item