MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) MELALUI PENERAPAN STRATEGI QUANTUM TEACHING PADA SISWA KELAS IV SD.Swasta DESA WATU-WATU KECAMATAN LANTARI JAYA KABUPATEN BOMBANA

LIMAN HAMIDA, NIM. 13010101091 (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) MELALUI PENERAPAN STRATEGI QUANTUM TEACHING PADA SISWA KELAS IV SD.Swasta DESA WATU-WATU KECAMATAN LANTARI JAYA KABUPATEN BOMBANA. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (945kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (754kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (853kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (532kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (495kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Liman Hamida. 13010101091. “Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Melalui Penerapan Strategi Quantum Teaching Pada Siswa Kelas IV SD.Swasta Desa Watu-Watu Kecamatan Lantari Jaya Kabupaten Bombana”. Melalui bimbingan Ibu Raehang, S.Ag, M.Pd. I Judul penelitian ini adalah Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Melalui Penerapan Strategi Quantum Teaching Pada Siswa Kelas IV SD.Swasta Desa Watu-Watu Kecamatan Lantari Jaya Kabupaten Bombana. Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar pendidikan Agama Islam siswa kelas IV di SD.Swasta Desa Watu-Watu masih tergolong rendah. Tujuan penelitin ini adalah untuk mengetahui sejauhmana penerapan strategi quantum teaching dalam meningkatkan hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas IV SD.Swasta Desa Watu-Watu Kecamatan Lantari Jaya Kabupaten Bombana. Strategi yang diterapkan dalam penelitian ini adalah quntum teaching dengan menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada 2 siklus, dimana setiap siklus dilakukan 2 kali pertemuan. Berdasarkan hasil observasi aktifitas siswa dan guru terjadi peningkatan yang sangat signifikan. Hal ini sesuai dengan hasil observasi aktivitas guru Pada siklus 1 pertemuan pertama scenario pelaksanaan pembelajaran oleh guru terlaksana 50% pada pertemuan kedua 71,43% sedangkan skenario pelaksanaan pembelajaran oleh siswa pada pertemuan pertama terlaksana 36.36% kemudian pada pertemuan kedua meningkat menjadi 63.64%. kemudian Pada siklus II pertemuan pertama scenario pelaksanaan pembelajaran oleh guru terlaksana 85.71%. kemudian pada pertemuan kedua meningkat menjadi 92.86%, sedangkan scenario pembelajaraan oleh siswa terlaksana 81.82%. kemudian pada pertemuan kedua meningkat menjadi 90.91%. Untuk hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SD.Swasta Desa Watu-Watu melalui penerapan strategi Quantum Teaching Terdapat peningkatan Melalui perolehan hasil tes awal menunjukkan bahwa siswa yang meperoleh nilai dibawah KKM yaitu sebesar 54.55% dengan nilai rata-rata 67.27. setelah dilakukan tindakan siklus I dengan nilai rata-rata 73.82 presentase hasil belajar siswa meningkat dengan presentase ketuntasan sebesar 72.73%. sedangkan pada siklus II peningkatan presentase ketuntasan hasil belajar siswa meningkat secara signifikan yaitu dengan nilai rata-rata 84.54, dengan presentase ketuntasan 90.91%.peningkatan presentase tiap siklus 18% dan peningkatan presentase keseluruhan sebesar 36%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Raehang, S.Ag, M.Pd. I
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI), QUANTUM TEACHING
Subjects: Filsafat dan Perkembanganya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 18 Nov 2017 06:57
Last Modified: 18 Nov 2017 06:57
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/701

Actions (login required)

View Item View Item