MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN MENGGUNAKAN METODE KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS XII IPS SMAN 18 KONAWE SELATAN.

BASO NURDIANSYAH SAHIB, NIM: 12010101095 (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN MENGGUNAKAN METODE KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS XII IPS SMAN 18 KONAWE SELATAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (144kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (432kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK BASO NURDIANSYAH SAHIB, “Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dengan Menggunakan Metode Kooperatif tipe Group Investigation pada Siswa Kelas XII IPS SMAN 18 Konawe Selatan” Dibimbing oleh Dr. Supriyanto, M. Ag) Skripsi ini merupakan hasil penelitian tentang Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dengan Menggunakan Metode Kooperatif tipe Group Investigation pada Siswa Kelas XII IPS SMAN 18 Konawe Selatan. Rumusan masalah yang di angkat dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu Apakah Penerapan metode pembelajaran kooperatif Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam ( PAI). Setting penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan di SMAN 18 Konawe Selatan. Sedangkan subyek penelitiannya adalah siswa kelas XII IPS yang berjumlah 20 orang dengan rincian murid laki-laki berjumlah 10 orang dan perempuan berjumlah 10 orang. Langkah-langkah yang ditempuh dalam penelitian ini yaitu; 1).Perencanaan tindakan 2). Pelaksanaan tindakan 3). Observasi dan evaluasi, serta 4). Refleksi. Analisis data yang digunakan antara lain dengan teknik deskriptif komparatif (statistik deskriptif komparatif) dan teknik analisis kritis. Dari analisis data hasil penelitian,menunjukan adanya peningkatan Hasil belajar yang signifikan dari tes awal pra siklus siklus I hingga pelaksanaan tindakan siklus II. Hal ini dapat dilihat pada hasil tes awal sebelum penerepan model pembelajaran Kooperati tipe Group Investigation ketuntasan siswa hanya mencapai 35% atau hanya 7 siswa yang mendapatkan nilai diatas 70 dari 20 siswa,sedangkan pada tes tindakan siklus I setelah peneliti menggunakan model pembelajaran Kooperati tipe Group Investigation,ketuntasan secara klasikal mencapai 65% atau ada 13 dari 20 siswa yang tuntas, kemudian pada tes tindakan siklus II ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 95% atau ada 19 orang siswa yang memperoleh nilai diatas 70 atau tuntas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Supriyanto, M. A
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, GROUPINVESTIGATION
Subjects: Filsafat dan Perkembanganya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 24 Nov 2017 07:03
Last Modified: 24 Nov 2017 07:03
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/730

Actions (login required)

View Item View Item