MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN MENGHAFAL JUZ AMMA MELALUI PENERAPAN METODE KAISA PADA PELAJARAN ILMU TAHFIZ QUR’AN DI SDITAL-QALAM KENDARI

SITTI KHADIJAH, NIM.1301010101115 (2017) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN MENGHAFAL JUZ AMMA MELALUI PENERAPAN METODE KAISA PADA PELAJARAN ILMU TAHFIZ QUR’AN DI SDITAL-QALAM KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (830kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (895kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (752kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Sitti Khadijah, NIM 13010101115, Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan Menghafal Juz ‘Amma melalui Penerapan Metode Kaisa pada Pelajaran Ilmu Tahfiz Qur’an di SDIT Al Qalam Kendari, program studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Kendarimelalui bimbingan Bapak Dr. Abdul Kadir P, M. Pd. Tujuan penelitian ialah untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar dan kemampuan menghafal juz amma setelah menggunakan metode Kaisa pada siswa SDIT Al Qalam Kendari. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Karakteristik dari penelitian tindakan kelas adalah adanya aksi tertentu melalui penerapan metode Kaisa demi meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan menghafal untuk memperoleh gambaran secara menyeluruh mengenai motivasi belajar dan kemampuan menghafal pada pelajaran Ilmu Tahfiz Qur’an di SDIT Al Qalam Kendari. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang tergolong sebagai siswa kelas Tahfiz. Instrumen dan tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, kuesioner, wawancara, dan dokumentasi sedangkan tekhnik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1)Metode Kaisa efektif untuk meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan menghafal siswa pada pelajaran Ilmu Tahfiz Qur’an di SDIT Al Qalam Kendari. (2)Terdapat peningkatan motivasi belajar siswa berdasarkan skala liker yang diperoleh dari seluruh siswa menujukkan bahwa pada siklus I mencapai 89% berkategori tinggi dan pada siklus II mencapi 95% dengan kategori sangat tinggi. (3) Kemampuan menghafal siswa di siklus I mencapai 80% dengan nilai rata-rata 91,8 pada materi surah al Muthaffifin dan di siklus II menunjukkan peningkatan yang signifikan yakni mencapai 100% dengan nilai ratarata 99,1 pada materi surah an Nazi’at.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Abdul Kadir P, M. Pd
Uncontrolled Keywords: MOTIVASI BELAJAR, MENGHAFAL JUZ AMMA DAN METODE KAISA
Subjects: Al-Qur'an dan Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 29 Nov 2017 00:27
Last Modified: 29 Nov 2017 00:27
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/760

Actions (login required)

View Item View Item