MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN MENERAPKAN PEMBELAJARAN “MAKE A MATCH” PADA SISWA KELAS IV A SEKOLAH DASAR NEGERI 17 BARUGA KOTA KENDARI

RUMAEDAH, NIM 13010101180 (2017) MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN MENERAPKAN PEMBELAJARAN “MAKE A MATCH” PADA SISWA KELAS IV A SEKOLAH DASAR NEGERI 17 BARUGA KOTA KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (840kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (952kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (999kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (756kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (688kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rumaedah, 13010101180, Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Dengan Menerapkan Pembelajaran “Make a Match” Pada Siswa Kelas IV A SDN 17 Baruga Kota Kendari. Dibimbing oleh Dra. Hj. Marlina Gazali, M.Pd.I Penelitian ini untuk menjawab rumusan masalah “Apakah penerapan strategi pembelajaran kooperatif "make a match" dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam Kompetensi Dasar menyebutkan tugas Malaikat siswa kelas IV SDN 2 Karangmalang Kangkung Kendal 2010 / 2011 ?” Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ). Subyek penelitiannya adalah siswa kelas IV a SDN 17 Baruga Kecamatan Kadia Kota Kendari. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) metode observasi partisipan karena guru sebagai peneliti sekaligus mengamati dan diamati secara langsung oleh kolaborator yang juga mengamati keaktifan guru dan siswa selama proses pembelajran berlangsung. (2) metode dokumentasi, digunakan untuk mengetahui kemampuan awal siswa dan untuk memperoleh data-data tentang SDN 17 Baruga Kecamatan Kadia Kota Kendari yang meliputi sejarah, letak geografis, dan juga tentang visi misinya, (3) metode tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah mengerjakan soal-soal yang diberikan diakhir pembelajaran pada tiap-tiap siklusnya. Data dalam penelitian ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif diperoleh untuk mencari nilai rata-rata kelas dan prosentasenya. Sedangkan data kulitatif dianalisis menggunakan tehnik analisis data yang terdiri dari penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian dilaksanakan dalam empat tahap. Tahap pertama adalah pra siklus dengan metode ceramah dengan hasil nilai rata-rata 50,65 dari Kriteria Ketuntasan Minimal ( KKM ) 70 dengan ketuntasan siswa 12,90%. Tahap kedua siklus 1 hasil nilai rata-rata kelasnya 67,58 yang dicapai oleh 18 siswa yang tuntas dari 31 siswa. dengan ketuntasan mencapai 58,06%. Tahap ketiga siklus II dengan nilai rata-rata kelas 7 9 , 5 2 yang dicapai oleh 2 1 siswa yang tuntas dari 31 siswa dengan ketuntasannya mencapai 67,74% dan tahap keempat siklus III dengan nilai rata-rata kelas 85 ketuntasan mencapai 87,10% dicapai oleh 27 siswa dari 31 siswa. Berdasarkan data tersebut dengan penerapan strategi pembelajaran kooperetif "Make a Match", siklus I, II dan III dapat diketahui ada peningkatan hasil belajar setelah diterapkannya strategi pembelajaran "Make a Match".

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Hj. Marlina Gazali, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: PRESTASI BELAJAR, PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, MAKE A MATCH
Subjects: Filsafat dan Perkembanganya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 06 Dec 2017 01:31
Last Modified: 06 Dec 2017 01:31
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/789

Actions (login required)

View Item View Item