KAMELIA, NIM : 13010104019 (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) PADA SISWA KELAS V MI ASY-SYAFI’IYAH KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.
|
Text
COVER.pdf Download (425kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (54kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (118kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (83kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (369kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (42kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Kamelia “Meningkatkan Hasil belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Pada Siswa Kelas V MI AsySyaf’iyah Kendari” (dibimbing Sitti Aisyah Mu’min, S.Ag., M.Pd) Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang masih rendah, banyak nilai siswa yang belum mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM)Matematika yaitu 70. Selain itu, kurangnya penggunaan model dan media pembelajaran oleh guru sehingga siswa belum termotivasi, belum antusias dalam pembelajaran dan aktifitas belajar siswa belum terarah sehingga hasil belajar siswa rendah. Adapun tingkat keberhasilan masih mencapai 39,28%. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka peneliti berinisiatif untuk menerapkan model pembelajaran yang berbeda yaitu pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa. Adapun model pembelajaran yang dimaksud adalah Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI)dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika pada Siswa Kelas V MI Asy-Syafi’iyah Kendari. Model ini menjadi salah satu pilihan peneliti yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika siswa kelas V MI Asy-Syafi’iyah Kendari. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MI Asy-Syafi’iyah Kendari dengan jumlah siswa 28 orang yang terdiri dari 15 orang perempuan dan 13 orang laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2016/2017, sebanyak 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Setiap siklus dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknis tes, observasi, dan wawancara. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar siswa dilihat dari meningkatnya rata-rata kelas dan presentase ketuntasan belajar mencapai 75%. Berdasarkan penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI)pada siswa kelas V MI Asy-Syafi’iyah Kendari. Presentase keberhasilan belajar Matematika siswa kelas V sebelum tindakan mencapai 39,28% dengan nilai rata-rata 63,57. Setelah dilakukannya tindakan siklus I menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar, adapun presentase hasil belajar siswa siklus I yaitu 46,42% dengan nilai rata-rata 68,39. Namun belum mencapai indikator keberhasilan yaitu 75%, sehingga dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat dengan presentase mencapai 78,57% dengan nilai rata-rata 76,07 bahkan melebihi indikator yang telah ditetapkan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Sitti Aisyah Mu’min, S.Ag., M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | HASIL BELAJAR MATEMATIKA, MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN TEAM ASSISTEDNDIVIDUALIZATION |
Subjects: | Ilmu Sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Tilman Syah . |
Date Deposited: | 06 Dec 2017 06:12 |
Last Modified: | 06 Dec 2017 06:12 |
URI: | http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/794 |
Actions (login required)
View Item |