PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS VB SDN 18 BARUGA

JUHAEDA, NIM. 13010104003 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS VB SDN 18 BARUGA. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (631kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (748kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (36kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nama Penyusun : Juhaeda NIM : 13010104003 Judul Skripsi : Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam pada Siswa Kelas VB SDN 18 Baruga. (Dibimbing oleh: Dr. H. Moh. Yahya Obaid, M.Ag.) Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI)melalui penerapan pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match pada siswa kelas V B SDN 18 Baruga – Kendari.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VB SDN 18 Baruga yang berjumlah 28 orang. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dari dua kali pertemuan dengan tahapan-tahapan kegiatan meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi (pengamatan), dan refleksi. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari-April 2017. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan analisis data deskriptif, untuk menghitung nilai rata-rata dan ketuntasan belajar siswa dengan indikator keberhasilan 80% siswa mencapai nilai ≥75 (KKM pada mata pelajaran PAI). Penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar PAI mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Nilai hasil belajar sebelum tindakan siklus I, siswa yang mencapai KKM sebesar 42.85%(12 orang), dengan nilai rata-rata 67,68. setelah tindakan siklus I siswa yang mencapai KKM sebesar 71.42% (20 orang)dengan nilai rata-rata 78,30, Sedangkan pada siklus II siswa yang mencapai KKM sebesar92.85% (26 orang)dengan nilai rata-rata 83,21. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar PAI siswa kelas VB SDN 18 Baruga, Kendari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Moh. Yahya Obaid, M.Ag
Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF, MAKE A MATCH DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Subjects: Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 07 Dec 2017 01:56
Last Modified: 07 Dec 2017 02:41
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/799

Actions (login required)

View Item View Item