HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMA BIMA MAROA KAB. KONAWE SELATAN

KIRANA SUKMA DEWI, NIM. 13010101037 (2017) HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMA BIMA MAROA KAB. KONAWE SELATAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
Cover.docx

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (70kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (139kB)
[img] Text
BAB III.doc

Download (304kB)
[img] Text
BAB IV.doc
Restricted to Repository staff only

Download (618kB)
[img] Text
BAB V.doc

Download (72kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.doc

Download (76kB)
[img] Text
Lampiran.doc

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Kirana Sukma Dewi, NIM. 13010101037. Hubungan Penggunaan Media Sosial dengan Prestasi Belajar Siswa di SMA Bima Maroa Kab. Konawe Selatan, Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Islam IAIN Kendari, (Dibimbing oleh : Erdiyanti, S.Ag., M.Pd). Skripsi ini berjudul Hubungan Penggunaan Media Sosial dengan Prestasi Belajar Siswa di SMA Bima Maroa Kab. Konawe Selatan, dengan permasalahan :1). Bagaimana tingkat penggunaan media sosial oleh siswa di SMA Bima Maroa Kab. Konawe Selatan?, 2). Bagaimana tingkat prestasi belajarsiswa di SMA Bima Maroa Kab. Konawe Selatan?, 3). Apakah terdapat hubungan positif dan signifikan penggunaan media sosial dengan prestasi belajar siswa di SMABima Maroa Kab. Konawe Selatan?. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pola analisis statistik, populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X dan XI di SMA Bima Maroa Kab.Konawe Selatan yang berjumlah 52 orang siswa, yang terdistribusi pada 2 kelas. Dengan demikian, sampel penelitian di dapatkan melalui pengambilan sampel secara keseluruhan dari tiap-tiap kelas X dan XI sebanyak 52 responden, Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi dan observasi dalam melengkapi data penelitian, kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial yang menempuh langkah-langkah a). Analisis deskripsi presentase variabel X dan Y, b) Uji normalitas data variabel X dan Y, c) Menentukan angka indeks korelasi, d). Menentukan koefisien determinasi (r squer), dan pengujian hipotesis uji signifikan (uji t). Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1). Analisis deskriptif data varibel X menunjukan nilai Mean = 57,60 dari skor idealnya, dengan frekuensi tertinggi, yakni 34 = 65,38% berada pada interval presentase 61-80%, dengan demikian ini umumnya menunjukan penggunaan media sosial siswa di SMA Bima Maroa Kab. Konawe Selatan pada kategori tinggi, 2). Analisis deskriptif data varibel Y menunjukan nilai Mean = 77,73 dari skor idealnya, dengan frekuensi tertinggi, yakni 39 = 75% berada pada interval presentase 61-80, dengan demikian ini umumnya menunjukan prestasi belajar siswa di SMA Bima Maroa Kab. Konawe Selatan pada kategori tinggi, 3). Analisis inferensial menunujukan terdapat hubungan positif lemah dan signifikan, hasil ini karena rhitung> r tabel(0,31 > 0,273)berbanding lurusuji signifikan thitung>ttabel (2,29 > 2,01),maka H1 diterima dan H0 ditolak artinya terdapat hubungan positif antara penggunaan media sosial dengan prestasi belajar siswa diSMA Bima Maroa Kab. Konawe Selatan, dengan besar r Squer 9,61%, sedangkan sisanya 90,39% di pengaruhi oleh faktor lain yang tidak di bahas dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Erdiyanti, S.Ag., M.Pd
Uncontrolled Keywords: MEDIA SOSIAL, PRESTASI BELAJAR
Subjects: Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 07 Dec 2017 07:30
Last Modified: 07 Dec 2017 07:30
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/803

Actions (login required)

View Item View Item