PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PROBLEM POSING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS VIII DI SMPN 1 WAKORUMBA SELATAN

Aris Armeth Daud Al Kahar, NIM. 13 01 01 01 128 (2017) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PROBLEM POSING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS VIII DI SMPN 1 WAKORUMBA SELATAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (361kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran.pdf

Download (745kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK ARIS ARMETH DAUD AL KAHAR, NIM. 13010101128. “Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Problem Posing Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri I Wakorumba Selatan”, melalui bimbingan bapak Fahmi Gunawan , S.S., M.Hum. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Problem Posing dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas VIII di SMP Negeri I Wakorumba Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam melalui model pembelajaran problem posing. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN I Wakorumba Selatan pada kelas VIII dengan jumlah siswa 25 orang pada tahun ajaran 2016/2017. Prosedur penelitian ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Sumber data adalah guru dan siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, serta tes tertulis pada tiap siklusnya Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan berdasarkan hasil tes yang diberikan. Tes awal menunjukkan rata-rata nilai yang diperoleh siswa yaitu 68,4. Hasil rata-rata siswa pada siklus 1 diperoleh nilai rata-rata sebesar 78,48 dengan persentase 76% dan pada siklus II nilai ratarata 85.04 dengan persentase 92%. Dengan demikian model pembelajaran problem posing dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Fahmi Gunawan , S.S., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Belajar, Hasil Belajar dan Pembelajaran Kooperatif
Subjects: Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 18 Dec 2017 02:50
Last Modified: 18 Dec 2017 02:50
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/842

Actions (login required)

View Item View Item