PELAKSANAAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM MEMBINA GURU DI SMP PESRA AL-AMIN MAWASANGKA KAB. BUTON TENGAH

KARIANI, Nim: 13010103015 (2017) PELAKSANAAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM MEMBINA GURU DI SMP PESRA AL-AMIN MAWASANGKA KAB. BUTON TENGAH. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (650kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (483kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (552kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (475kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (574kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (466kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (468kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (909kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK KARIANI, NIM. 13010103015, “Pelaksanaan Supevisi Kepala Sekolah Dalam Membina Guru di SMP Pesra al-Amin Mawasangka Kab. Buton Tengah” Program Studi Manajemen Pendidikan Islam di bimbing oleh, Dr. H. Nur Alim, M.Pd Skripsi ini membahas tentang pelaksanaan supervisi kepala sekolah dalam membina guru di SMP Pesra al-Amin Mawasangka Kec. Mawasangka Tengah Kab. Buton tengah, adapun yang menjadi rumusan masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk-bentuk kegiatan supervisi kepala sekolah dalam membina guru di SMP Pesra al-Amin Mawasangka Kab Buton Tengah?, Bagaimana implikasi pelaksanaan supervisi kepala sekolah dalam membina guru di SMP Pesra al-Amin Mawasangka Kab. Buton Tengah? Bagaimana kendalakendala pelaksanaan supervisi kepala sekolah dalam membina guru di SMP Pesra al- Amin MawasangkaKab. Buton Tengah? Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang akan mengungkapkan secara sistematis dan faktual tentang pelaksanaan supervisi kepala sekolah dalam membina guru di SMP Pesra al-Amin Mawasangka Kab. Buton Tengah. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi, wawancara serta dokumentasi yang selanjutnya dilakukan analisis data berdasarkan prosedur kualitatif yaitu reduksi data, display data, verifikasi data. Pengecekan keabsahan data melalui triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Berdasarkan hasil dan temuan penelitian, terungkap bahwa pelaksanaan supervisi kepala sekolah dalam membina guru di SMP Pesra al-Amin Mawasangka ditinjau dari segi pelaksanaannya ada dua bentuk kegiatan yang di lakukan kepala sekolah dalam supervisinya yaitu supervisi langsung atau resmi dan supervisi tidak langsung, adapun yang menjadi objek supervisi kepala sekolah SMP Pesra al-Amin Mawasangka terbagi tiga yaitu supevisi administrasi pembelajaran, supervisi kurikulum dan supervisi teknik pengajaran. Hal tersebut berimplikasi pada kinerja guru, dimana guru semakin tertib administrasi dalam mengajar, keterampilan mengajar guru semakin meningkat serta guru dapat menguasai bahan/materi ajar yang akan diajarkan. Meskipun demikian telah berjalan dengan semestinya akan tetapi kepala sekolah masih mengalami kendalakendala dalam pelaksanaan supervisinya, hal tersebut dikarenakan minimnya infrastruktur sekolah, guru yang mengajar honorer (guru tidak tetap) serta kurangnya akses pelatihan bagi guru sehingga berdampak pada pelaksanaan supervisi kepala sekolah yang belum efektif dalam menjalankan tugas sebagai supervisor. Berdasarka temuan tersebut peneliti menyarankan kepada kepala sekolah SMP Persra al-Amin Mawasangka sebaiknya melengkapi sarana dan prasaran sekolah, serta guru dan personel sekolah lainnya diharapkan agar terus meningkatkan kemampuan mengajarnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Nur Alim, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Supervisi, Eksistensi Guru
Subjects: Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 18 Dec 2017 07:00
Last Modified: 18 Dec 2017 07:00
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/846

Actions (login required)

View Item View Item