STRATEGI PEMBINA PONDOK DALAM PENGEMBANGAN PROGRAM HAFALAN AL QURAN DI PESANTREN HIDAYATULLAH KENDARI

HARMAWATI, NIM. 13010103014 (2017) STRATEGI PEMBINA PONDOK DALAM PENGEMBANGAN PROGRAM HAFALAN AL QURAN DI PESANTREN HIDAYATULLAH KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (618kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (509kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (695kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (474kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (528kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (457kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (494kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK HARMAWATI, NIM. 13010103014, Judul: Strategi Pembina Pondok Dalam Pengembangan Program Hafalan al Quran di Pesantren Hidayatullah Kendari, (Dibimbing Oleh: Isna Humaera, S.Ag., S.Pd., M.Pd) Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembina Pondok Pesantren Hidayatullah dalam pengembangan program hafalan santri. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana metode pembinaan hafalan al Quran di pondok Pesantren Hidayatullah Kendari? 2) Bagaimana strategi pembina pondok Pesantren Hidayatullah Kendari dalam pembinaan program hafalan al Quran? Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan wawancara secara langsung, melakukan pengamatan dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian adalah pembina pondok Pesantren Hidayatullah Kendari dan santri. Analisis data menggunakan model analisis yang terdiri atas tiga tahapan penting, yakni reduksi data penyajian data serta penarikan kesimpulan dan verifikasi hasil penelitian. Hasil penelitian ini menemukan bahwa: 1) Metode yang digunakan pembina Pondok Pesantren Hidayatullah kendari dalam pembinaan program hafalan al Quran santri adalah metode wahdah yang sebelumnya mempersyaratkan santri menguasai tajwid dan mekhrajul huruf dengan baik, dan evaluasi hafalan santri yang dilakukan secara mingguan (tes formatif) dan evaluasi pada saat akan khatam al Quran (tes sumatif). 2) Strategi yang diterapkan pembina pondok Pesantren Hiyatullah Kendari dalam pembinaan hafalan al Quran adalah melalu kegiatan harian, mingguan, dan bulanan, pendampingan santri, pendampingan yang diberikan pada santri yang mengalami masalah dalam menghafal al Quran dan pemberian reward atau penghargaan bagi santri yang berprestasi atau mencapai target hafalan yang telah ditetapkan serta punishment atau sanksi bagi santri yang melanggar atau tidak dapat mencapai target hafalan yang telah ditetapkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Isna Humaera, S.Ag., S.Pd., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembina Pondok Pesantren, Hafalan al Quran
Subjects: Filsafat dan Perkembanganya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 18 Dec 2017 07:49
Last Modified: 18 Dec 2017 07:49
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/848

Actions (login required)

View Item View Item