HIJRAWATI, Nim : 13010103013 (2017) KOMUNIKASI INTERPERSONAL KEPALA SEKOLAH DI SMP NEGERI SATAP 22 KONAWE SELATAN KABUPATEN KONAWE SELATAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.
|
Text
COVER.pdf Download (490kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (439kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (130kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (449kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (114kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (252kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Hijrawati, Nim : 13010103013. Judul: “Komunikasi Interpersonal Kepala Sekolah Di SMP Negeri Satap 22 Konawe Selatan Kabupaten Konawe Selatan”.. Dibimbing oleh Sitti Aisyah Mu’min, S.Ag., M.Pd. Penelitian skripsi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana komunikasi interpersonal Kepala Sekolah Di SMPN Satap 22. Konawe Selatan, faktor Apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dalam komunikasi interpersonal Kepala Sekolah Di SMPN Satap 22 Konawe Selatan, dan upaya apa yang dilakukan untuk mengatasi hambatan-hambatan dalam komunikasi interpersonal Kepala Sekolah Di SMPN Satap 22 Konawe Selatan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan teknik observasi dan wawancara untuk mengumpulkan data, kemudian diolah dan dan dianalisis dengan menempuh langkah reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil ditemukan bahwa komunikasi interpersonal yang dilakukan oleh kepala sekolah telah terlaksana secara rutin dan berkesinambungan. Komunikasi interpersonal antara kepala sekolah dan guru dilaksanakan dalam bentuk konsultasi langsung (bertatap muka) atau menggunakan media (handphone, surat) yang dimanfaatkan untuk memperlancar tugas dan pekerjaan dalam rangka mencapai tujuan sesuai dengan visi dan misi sekolah. Faktor pendukung pelaksanaan komunikasi interpersonal ialah meliputi : iklim komunikasi yang baik antara kepala sekolah dengan guru, media komunikasi sudah tersedia serta loyalitas dan dedikasi dari masing-masing guru. Faktor yang menjadi penghambat dalam pelaksanaan komunikasi interpersonal yaitu : hambatan pekerjaan dari kepala sekolah dan masing-masing guru sehingga sulit menentukan waktu yang pas untuk menentukan waktu pelaksanaan komunikasi interpersonal, serta adanya guru yang mengajar pada dua sekolah sehingga mengakibatkan guru membagi waktu untuk sekolah lain. Upaya untuk mengatasi hambatan-hambatan pelaksanaan komunikasi interpersonal yaitu: adanya upaya kontinyu dan berkesinambungan dari kepala sekolah untuk menciptakan suasana yang rileks dan terbuka dengan para guru sehingga terjalin suasana kekeluargaan, kepala sekolah senantiasa memberikan bimbingan juga pengarahan kepada guru untuk menanamkan sikap dedikasi dan loyalitas masing-masing personil terhadap tanggung jawabnya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Sitti Aisyah Mu’min, S.Ag., M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Interpersonal, KEPALA SEKOLAH |
Subjects: | Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Tilman Syah . |
Date Deposited: | 19 Dec 2017 07:34 |
Last Modified: | 19 Dec 2017 07:34 |
URI: | http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/858 |
Actions (login required)
View Item |