PERANAN ORANG TUA DALAM PENGEMBANGAN KECERDASAN SPIRITUAL ANAK REMAJA DI DESA MARGACINTA KECAMATAN MORAMO KABUPATEN KONAWE SELATAN

ASBAR JUM’AH, NIM : 10010101040 (2017) PERANAN ORANG TUA DALAM PENGEMBANGAN KECERDASAN SPIRITUAL ANAK REMAJA DI DESA MARGACINTA KECAMATAN MORAMO KABUPATEN KONAWE SELATAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (301kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (277kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (327kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (250kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (374kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (235kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (515kB)

Abstract

ABSTRAK ASBAR JUM’AH, NIM : 10 010101040: “Peranan Orang Tua dalam Pengembangan Kecerdasan Spiritual Anak Remaja di Desa Margacinta Kecamatan Moramo Kabupaten Konawe Selatan” , Skripsi Jurusan Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam IAIN Kendari, Dibimbing Oleh Dr. Imelda Wahyuni S.S, M.Pd.I Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui peranan orang tua dalam pengembangan kecerdasan spiritual anak remaja di desa Margacinta Kecamatan Moramo Kabupaten Konawe Selatan dengan sasaran permasalahannya bagaimanakah peran orang dalam pengembangan keceerdasan spiritual anak remaja di Desa Margacinta dan faktor-faktor penghambat peran orang tua dalam pengembangan kecerdasan spiritual anak remaja di Desa Margacinta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan konsep Human Instrumen yakni peneliti sendiri yang mendeskripsikan sekaligus mengkaji berdasarkan pengamatan/observasi kondisi ril lokasi penelitian dengan berdasar pada fakta-fakta yang benar-benar menggambarkan secara akurat tentang obyek penelitian. Dan lebih mengacu pada penelitian yang melihat dari segi tujuannya yaitu penelitian study lapangan atau field research. Sebagaimana yang dikemukakan nasution bahwa penelitian kualitatif sebagai penelitian yang memiliki sejumlah karakter yang memungkinkan seorang peneliti memiliki informasi dari observasi, wawancara dan partisipasi langsung. Selain itu teknik analisis data dalam penelitian ini diawali dengan editing data, klasifikasi data, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran orang tua dalam proses pengembangan kecerdasan spiritual anak remaja di Desa Margacinta dilakukan dengan berbagai cara seperti membiasakan berbuat baik, berpikir positif, tolong menolong, melaksanakan sholat, membiasakan membaca Al Qur’an, berpuasa, mengambil hikmah terhadap sebuah musibah, sabar dan berkata jujur. Namun dari upaya yang dilakukan oleh orang tua ternyata terdapat hambataan yang dijumpai seperti waktu kebersamaan orang tua dengan anaknya dimana para orang tua di Desa Margacinta memiliki kesibukan masing-masing sehingga peran dalam pengembangan kecerdasan spiritual anak remaja kurang maksimal selain itu pula latar belakang pendidikan orang tua ikut mempengaruhi kurang maksimalnya peran orang tua.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Imelda Wahyuni S.S, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Peran Orang Tua, Peran Orang Tua
Subjects: Filsafat dan Perkembanganya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 08 Jan 2018 00:44
Last Modified: 08 Jan 2018 00:44
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/884

Actions (login required)

View Item View Item