IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH IBTIDAIYAH ULUL AL BAAB KECAMATAN TINANGGEA KABUPATEN KONAWE SELATAN

HATI NURANI, NIM. 13010101173 (2017) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH IBTIDAIYAH ULUL AL BAAB KECAMATAN TINANGGEA KABUPATEN KONAWE SELATAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (954kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (178kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (281kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (166kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (391kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (110kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (135kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK HATI NURANI, NIM. 13010101173, Judul (Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Ulul Al Baab Kecamatan Tinanggea Kabupaten Konawe Selatan) Dibimbing Oleh: Dra. Hj. Marlina, M.Pd.I Penanaman karakter sejak dini kepada siswa dimaksudkan untuk meminimalisir akhlak siswa yang sudah begitu banyak terpengaruh dari lingkungan sekitar yang berdampak buruk proses pembelajarannya di madrasah sehingga dengan adanya penanaman nilai karakter akan merubah karakter siswa yang buruk kearah karakter yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang Implementasi Pendidikan Karakter yang berbasis Kurikulum 2013, nilai yang dicapai dalam pendidikan karakter pada mata pelajaran akidah akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Ulul Al-Baab Matandahi Kecamatan Tinanggea Kabupaten Konawe Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriktif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan (observasi), wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari data tersebut dinarasikan dan ditarik kesimpulan. Subjek penelitian adalah kepala madrasah dan guru akidah Akhlak. Hasil Penelitian: Implementasi pendidikan karakter berbasis kurikulum 2013 pada mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Ulul Al Baab dalam penelitian ini berjalan dengan baik, walaupun banyak kekurangan maupun hambatan yang didapatkan namun sejauh ini masih sesuai dengan ruang lingkup kurikulum 2013 itu tentunya, dalam pelaksanaannya tercapai karakter-karakter yang ada pada kurikulum 2013. Nilai-nilai yang dicapai dalam pendidikan karakter berbasis kurikulum 2013 pada mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Ulul Al Baab adalah: 1) Dalam perencanaan pembelajaran guru, nilai karakter yang dicapai pada tiap-tiap materi yang diajarkan adalah: Asmaul Husna: Religius, komunikatif demokratis dan kerja keras. Kitab-kitab Allah: Religius, dan rasa ingin tahu. Sikap Hormat dan Patuh: Toleransi, disiplin, kreatif, rasa ingin tahu, cinta damai, dan tanggung jawab. Menghindari sikap tercela: Religius, rasa ingin tahu, dan gemar membaca. Indahnya berperilaku terpuji: religius, rasa ingin tahu dan gemar membaca. 2) Dalam pelaksanaan pembelajaran guru nilai Karakter yang dicapai adalah: a. Kegiatan Pendahuluan : Disiplin, tanggung jawab, religius, komunikatif/bersahabat, rasa ingin tahu dan peduli sosial, b. Kegiatan Inti: Gemar membaca, toleransi, disiplin, menghargai prestasi, tanggung jawab, rasa ingin tahu, kreatif, Demokratis, Bersahabat/Komunikatif, Cinta Damai, c. Kegiatan Penutup: Disiplin, Kreatif, Gemar Membaca dan Religius. 3) Evaluasi Pembelajaran Guru, nilai karakter yang dicapai adalah Tanggung jawab, jujur, mandiri, dan kerja keras Kata Kunci: Implementasi Pendidikan Karakter, Hambatan dan Solusi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Hj. Marlina, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Implementasi Pendidikan Karakter, Hambatan dan Solusi
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 08 Jan 2018 01:03
Last Modified: 08 Jan 2018 01:03
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/887

Actions (login required)

View Item View Item