PENERAPAN METODE MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MURID KELAS IV SDN 1 ATAP 15 KONAWE SELATAN KABUPATEN KONAWE SELATAN

SUPRIYANTI LAPOROTA, NIM : 10 01 01 01 077 (2014) PENERAPAN METODE MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MURID KELAS IV SDN 1 ATAP 15 KONAWE SELATAN KABUPATEN KONAWE SELATAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER.docx

Download (84kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (26kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (42kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (26kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (24kB)

Abstract

ABSTRAK SUPRIYANTI LAPOROTA, NIM. 10010101077, Penerapan Metode Make A Match Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Murid Kelas IV SDN Satu Atap 15 Konawe Selatan Kabupaten Konawe Selatan. (Dibimbing oleh Bapak Pairin dan Ibu St. Aisyah Mukmin). Rumusan masalah dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah Apakah metode Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar PAI pada murid kelas IV SDN Satu Atap 15 Konawe Selatan Kabupaten Konawe Selatan? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PAI melalui Metode pembelajaran Make A Match dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Satu Atap 15 Konawe Selatan tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 20 murid. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus dengan 4 kali pertemuan. Data-data yang diperlukan dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi pengolahan metode pembelajaran Make A Match, observasi aktivitas murid dan guru, dan tes formatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar mulai dari tes awal hingga pelaksanaan tindakan siklus II. Pada hasil tes awal sebelum penerapan metode pembelajaran Make A Match ketuntasan siswa hanya mencapai 35% atau hanya 7 orang siswa yang mendapatkan nilai diatas 75 dari 20 siswa, sedangkan pada tes tindakan siklus I setelah peneliti menggunakan metode pembelajaran Make A Match , ketuntasan klasikal mencapai 70% atau ada 16 dari 20 siswa yang tuntas, kemudian pada tes tindakan siklus II ketuntasan belajar klasikal mencapai 90% atau ada 18 orang siswa yang memperoleh nilai diatas 75 atau tuntas. Selain peningkatan hasil belajar, metode pembelajaran Make A Match juga mampu meningkatkan aktifitas guru dan siswa yaitu persentase ketuntasan sebesar 85,71 % untuk aktifitas guru dan 100% untuk aktifitas siswa. Kata Kunci : Metode Make A Match, Hasil belajar, Pendidikan Agama Islam, Murid, SDN Satap 15 Konsel.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pairin dan Ibu St. Aisyah Mukmin
Uncontrolled Keywords: Metode Make A Match, Hasil belajar, Pendidikan Agama Islam, Murid, SDN Satap 15 Konsel.
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 17 Jan 2018 01:50
Last Modified: 17 Jan 2018 01:50
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/923

Actions (login required)

View Item View Item