PENGARUH MINAT MEMBACA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQHI DI MADRASAH ALIYAH DDI LABIBIA KEC. MANDONGA KOTA KENDARI

MERCY ADRIAN SAWARI, NIM : 07 010101 029 (2014) PENGARUH MINAT MEMBACA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQHI DI MADRASAH ALIYAH DDI LABIBIA KEC. MANDONGA KOTA KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER.docx

Download (70kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (28kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (47kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (40kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (31kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (25kB)

Abstract

ABSTRAK Mercy Adrian Sawari. 07 010101 029. “Pengaruh Minat Membaca Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqhi di Madrasah Aliyah DDI Labibia Kec. Mandonga Kota Kendari”. Melalui bimbingan Dr. Abdul Kadir, M.Pd. dan Ibu Zulaeha, M.Ag. Membaca merupakan kegiatan pokok yang sangat bermanfaat bagi kesuksesan belajar siswa. Melalui kegiatan membaca siswa dapat memperoleh informasi yang dibutuhkan, memberi penguatan terhadap informasi yang diketahuinya bahkan dapat mengembangkan cakrawala berpikirnya. Dari sini dapat dipahami bahwa ada pengaruh minat membaca terhadap prestasi belajar siswa. Masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah apakah minat membaca berpengaruh langsung terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqhi di Madrasah Aliyah DDI Labibia Kec. Mandonga Kota Kendari Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa Madrasah Aliyah DDI Labibia. Penarikan sampel menggunakan teknik random sampling. Sampel penelitian ini sebanyak 31 orang. Pengambilan data menggunakan angket. Analisis menggunakan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa minat membaca siswa Madrasah Aliyah DDI Labibia berada pada kategori sedang. Berdasarkan hasil interpretasi nilai rata-rata = 66.6452 dengan persentase sebesar 66,65%, nilai tengah = 67 dengan persentase 67%, dan nilai yang sering muncul = 68 dengan persentase 68%, ketiga nilai perolehan tersebut berada pada kategori sedang. Prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqhi dikategorikan tinggi. Berdasarkan hasil interpretasi nilai rata-rata = 78,1290, nilai tengah = 78, dan nilai yang sering muncul = 78, ketiganya berada pada interval nilai 70-84 dengan kategori tinggi. Terdapat pengaruh minat membaca siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqhi di Madrasah Aliyah DDI Labibia. Berdasarkan hasil perbandingan thitung dengan ttabel, dimana thitung lebih besar dari ttabel (3,569 > 2,045) sehingga disimpulkan bahwa hubungan kedua variabel signifikan. Artinya ada pengaruh minat baca terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqhi di Madrasah Aliyah DDI Labibia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Abdul Kadir, M.Pd. dan Ibu Zulaeha, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Minat, Membaca, Prestasi Belajar dan Mata Pelajaran Fiqhi
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 17 Jan 2018 02:56
Last Modified: 17 Jan 2018 02:56
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/927

Actions (login required)

View Item View Item