POLA PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENCEGAH PAHAM RADIKALISME DI IAIN KENDARI

PEBRIANI RAMDANI, NIM. 11010101097 (2015) POLA PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENCEGAH PAHAM RADIKALISME DI IAIN KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER.docx

Download (140kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (416kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (59kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (28kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (14kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (20kB)
[img] Text
LAMPIRAN .docx

Download (17kB)

Abstract

ABSTRAK Pebriani Ramdani, NIM: 11010101097.Pola Pendidikan Karakter dalam Mencegah Paham Radikalisme di IAIN Kendari(Dibimbing oleh Dra. Marlina Gazali, M.Pd.I dan Aliwar, S.Ag, M.Pd) Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola pendidikan karakter dalam mencegah paham radikalisme di IAIN Kendari. Tujuan penelitian ini adalah mengungkap pola pendidikan karakter di IAIN Kendari, mengungkap karakteristik paham radikalisme di IAIN Kendari, dan mengungkap upaya yang dilakukan dosen IAIN Kendari melalui pendidikan karakter dalam mencegah paham radikalisme. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu sumber data primer yang terdiri dari wakil rektor I IAIN Kendari, dosen IAIN Kendari, mahasiswa IAIN Kendari yang merupakan kader HTI, dan sumber data sekunder yang terdiri dari dokumentasi penting menyangkut profil kampus, dosen, data mahasiswa serta unsur penunjang lainnya seperti website, situs internet dan yang lainnya. Instrumen penelitian menggunakan panduan observasi, pedoman wawancara, dan check list dokumentasi. Kemudian metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik pengolahan dan analisis datanya melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwadi IAIN Kendari pendidikan karakter masih terfokus pada pendidikan integritas dan anti korupsi. Secara tersistem pendidikan karakter memang belum digunakan untuk mencegah penyebaran paham radikalisme di IAIN Kendari namun secara perosonal para dosen IAIN Kendari sudah menggunakan pendidikan karakter untuk mencegah penyebaran paham radikalisme yaitu dengan mengintegrasikan pendidikan karakter ke dalam materi dan proses perkuliahan. Hal lain yang ditemukan adalah di IAIN Kendari sudah terdapat paham radikalisme yakni Hizbut Tahrir Indonesia. Hal ini dilihat dari paham mereka yang memperjuangkan dan ingin menegakkan khilafah Islamiyah, mengkafirkan demokrasi, bersifat eksklusif, dan tidak mau hormat pada bendera mera putih. Upaya yang dilakukan dosen IAIN Kendari untuk mencegah paham radikalisme di IAIN Kendari adalah dengan mengintegrasikan nilai-nilai pendidikan karakter yang dianggap cukup relevan untuk mencegah paham radikalisme ke dalam materi dan proses perkuliahan. Kata Kunci: Pendidikan, Karakter, Radikalisme.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Marlina Gazali, M.Pd.I dan Aliwar, S.Ag, M.Pd)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Karakter, Radikalisme
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 22 Jan 2018 00:43
Last Modified: 22 Jan 2018 00:43
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/932

Actions (login required)

View Item View Item