PERANAN ORANG TUA DAN GURU DALAM MENGATASI PERILAKU MENYIMPANG SISWA MADRASAH ALIYAH AL-IKHLAS SABULAKOA KABUPATEN KONAWE SELATAN

AGUSALIM, NIM. 05 01 01 01 062 (2013) PERANAN ORANG TUA DAN GURU DALAM MENGATASI PERILAKU MENYIMPANG SISWA MADRASAH ALIYAH AL-IKHLAS SABULAKOA KABUPATEN KONAWE SELATAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER.docx

Download (43kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (27kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (65kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (32kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (23kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (18kB)
[img] Text
LAMPIRAN .docx

Download (20kB)

Abstract

ABSTRAK Agusalim, 05 01 01 01 062 Peranan Orang Tua dan Guru Dalam Mengatasi Perilaku Menyimpang Siswa Madrasah Aliyah Al-Ikhlas Sabulakoa Kabupaten Konawe Selatan, Dibimbing oleh Dr. H. Nur Alim, M. Pd dan Drs. Abdul Kadir. P, M. Pd Orang tua dan guru merupakan dua unsur yang bertanggung jawab terhadap perbaikan moral siswa. Siswa dalam interaksi sosialnya terkadang lebih dalam setiap tindakannya. Sehingga sebagai generasi pelanjut bangsa dimasa depan harus senantiasa diarahkan dan dibimbing dengan pengetahuan agama untuk menangkal segala tantangan yang bersifat negative dengan demikian pendidikan agama tidak hanya semata-mata dijadikan bagian dari kurikulum akan tetapi dapat menjadi filter terhadap perbuatan yang tidak baik. Skripsi ini membahas tentang “Peranan Orang Tua dan Guru Dalam Mengatasi Perilaku Menyimpang Siswa Madrasah Aliyah Al-Ikhlas Sabulakoa Kabupaten Konawe Selatan”. Yang bertujuan untuk mengetahui perilaku menyimpang siswa madarasah Aliyah Al-ikhlas Sabulakoa, mengetahui peranan orang tua dalam mengatasi perilaku menyimpang siswa madarasah Aliyah Al-ikhlas Sabulakoa, mengetahui peranan guru dalam mengatasi perilaku menyimpang siswa madarasah Aliyah Al-ikhlas Sabulakoa, mengetahui kerja sama orang tua dan guru dalam mengatasi perilaku menyimpang siswa madarasah Aliyah Al-ikhlas Sabulakoa. Penelitian yang penelitti lakukan ini termasuk penelitian deskriptip kualitatif. Dalam proses pengumpulan data ini, penulis menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi. Hasil penelitian yang dapat peneliti indentifikasi adalah: pertama, bentuk-bentuk perilaku menyimpang siswa pada Madrasah Aliyah Al-ikhlas Sabulakoa terlihat jelas dengan mengabaikan peraturan sekolah serta tidak mengindahkan yang disampaikan. Kedua, sebab terjadinya perilaku menyimpang siswa Madarasah Aliyah Al-ikhlas Sabulakoa ketiga, usaha orang tua dan guru dalam mengatasi perilaku menyimpang siswa yaitu dengan menggunakan beberapa upaya pengendalian social yang bersifat preventif, melakukan pembinaan secara keagamaan melalui pengajian serta membina perilaku mereka agar terbentuk perilaku yang tidak bertentangan dengan ajaran agama, represif, dan kuratif. Sedangkan usaha guru dalam mengatasi perilaku menyimpang siswa dengan melakukan kegiatan bimbingan di Madrasah kepada para siswa yang sering melakuakan perbuatan menyimpang serta guru mengguanakn juga tiga strategi yaitu strategi yang bersifat mencegah, strategi yang bersifat penekanan/peringatan, dan strategi yang bersifat penyembuhan. Keempat, kerjasama antara guru dan orang tua dilakukan dengan melalui komunikasi sehingga dapat saling memberikan informasi tentang perilaku menyimpang siswa baik ketika berada dalam lingkungan pendidikan maupun ketika berada dalam lingkungan keluarga dan masyarakat sekitarnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Nur Alim, M. Pd dan Drs. Abdul Kadir. P, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Orang Tua, Guru, Perilaku Menyimpang
Subjects: Kinerja Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 23 Jan 2018 00:23
Last Modified: 23 Jan 2018 00:23
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/945

Actions (login required)

View Item View Item