MARWATI, NIM. 20100107-00811 (2011) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MURID KELAS IV SDN 2 LALONGGASUMEETO KAB. KONAWE. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.
Text
COVER.rtf Download (474kB) |
|
Text
BAB I.rtf Download (84kB) |
|
Text
BAB II.rtf Download (211kB) |
|
Text
BAB III.rtf Download (228kB) |
|
Text
BAB IV.rtf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
|
Text
BAB V.rtf Download (52kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (12kB) |
|
Text
LAMPIRAN.rtf Download (86kB) |
Abstract
ABSTRAK Marwati, 20100107-00811, Meningkatkan Hasil Belajar PAI Siswa Melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL): Penelitian Tindakan pada Siswa Kelas IV SDN 2 Lalonggasumeeto Kab. Konawe, (dibimbing oleh : Dra. Hj. St. Kuraedah, M.Ag) Skripsi ini membahas tentang “Meningkatkan Hasil Belajar PAI Siswa Melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL): Penelitian Tindakan pada Siswa Kelas IV SDN 2 Lalonggasumeeto Kab. Konawe”, dengan pokok masalah “Apakah Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar PAI siswa”. Pemecahan masalah dilakukan dengan pendekatan kaji tindak, yakni menerapkan model pembelajaran kontekstual dalam situasi belajar di SDN 2 Lalonggasumeeto pada mata pelajaran PAI. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui efektifitas metode pembelajaran kontekstual di SDN 2 Lalonggasumeeto Kec. Lalonggasumeeto Kab. Konawe; 2) hasil belajar PAI murid di SDN 2 Lalonggasumeeto Kec. Lalonggasumeeto Kab. Konawe; dan 3) Untuk meningkatkan hasil belajar PAI siswa di SDN 2 Lalonggasumeeto melalui penerapan metode pembelajaran kontekstual. Penelitian ini menghasilkan beberapa temuan, yakni: (1) Model pembelajaran kontekstual (CTL) sangat efektif dalam memperbaiki proses pembelajaran sehingga siswa dapat melakukan kegiatan-kegiatan seperti: keberanian bertanya tentang hal-hal yang belum dipahami, belajar menemukan sendiri (inquiry), berani dalam memaparkan pemahaman di hadapan teman-teman sekelas terkait mata pelajaran; (2) Hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada murid kelas IV SDN 2 Lalonggasumeeto sebelum diberikan tindakan masih belum sesuai standar, yang dibuktikan tes kemampuan awal dimana nilai rata-rata yang diperoleh adalah: 5.8. Pemberian tindakan telah membuat hasil belajar murid perlahan meningkat pada siklus I dengan nilai rata-rata: 6.04. Demikian pula pada siklus II yang terus meningkat dimana nilai rata-rata murid adalah: 7.04; (3) Model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar PAI murid kelas IV SDN 2 Lalonggasumeeto. Hal ini dibuktikan dengan tercapainya indikator kinerja yang diharapkan pada siklus II, dimana jumlah siswa yang mengalami ketuntasan belajar adalah 21 orang atau sebesar 91, 31 %. Sedangkan indikator kinerja yang ditetapkan adalah 75 %.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Dra. Hj. St. Kuraedah, M.Ag) |
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran, Pembelajaran Kontekstual, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Tilman Syah . |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 00:59 |
Last Modified: | 25 Jan 2018 00:59 |
URI: | http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/975 |
Actions (login required)
View Item |