HUBUNGAN KEDISIPLINAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA DI SMPN 1 SOROPIA KECAMATAN SOROPIA KABUPATEN KONAWE

ASRIANTI, NIM : 09010101005 (2013) HUBUNGAN KEDISIPLINAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA DI SMPN 1 SOROPIA KECAMATAN SOROPIA KABUPATEN KONAWE. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER.docx

Download (177kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (30kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (86kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (61kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (21kB)

Abstract

ABSTRAK Asrianti, Nim, 09 01 01 01 005,“Hubungan Kedisiplinan Belajar Dengan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa di SMPN 1 Soropia Kecamatan Soropia Kabupaten Konawe” (Dibimbing Dra. Hj. Nurseha Gazali, M.Si dan Fahmi Gunawan, S. S. M. Hum). Skripsi ini mengkaji Hubungan Kedisiplinan Belajar dengan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa di SMPN 1 Soropia Kecamatan Soropia Kabupaten Konawe. Adapun permasalahan skripsi ini adalah (a). bagaimana tingkat kedisiplinan siswa di SMPN 1 Soropia Kecamatan Soropia Kabupaten Konawe? (b). bagaimana prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa di SMPN 1 Soropia Kecamatan Soropia Kabupaten Konawe? Tujuan penelitian ini adalah untuk (a) mengetahui tingkat kedisiplinan siswa di SMPN 1 Soropia Kecamatan Soropia Kabupaten Konawe, (b). mengetahui tingkat prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa di SMPN 1 Soropia Kecamatan Soropia Kabupaten Konawe. (c). mengetahui apakah ada hubungan yang positif dan signifikan antara kedisiplinan belajar dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa di SMPN 1 Soropia Kecamatan Soropia Kabupaten Konawe. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan analisis inferensial. Sumber data primer adalah para siswa SMPN I Soropia. Populasi yang dianalisis dalam penelitian ini hanya sebesar 30 % dari 162 jumlah siswa. Dengan kata lain, sampel penelitian ini berjumlah 32 siswa yang diambil secara acak. Penelitian ini menggunakan metode angket yang dikembangkan dari kisi-kisi instrument variabel X dan Y. Setelah data penelitian terkumpul, analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif terhadap data variabel X dan Y, dan analisis inferensial yang ditempuh dengan (a) Uji persyaratan analisis variabel X dan Y, untuk mengetahui normal dan tidaknya data penelitian, dan (b) pengujian hipotesis yang menggunakan alat uji product moment, Kd, dan uji t. Berdasarkan analisis deskriptif data, variabel X memiliki nilai rata-rata 66 dengan frekuensi tertinggi skor nilai variabel X = 32 (100 %) yang berada pada interval 81-100 yang berarti termasuk dalam kategori baik sekali. Analisis deskriptif variabel Y memiliki nilai rata-rata 78,156 dengan frekuensi tertinggi skor nilai variabel Y = 21 (65,625%) yang berada pada interval 61-80 yang berarti termasuk dalam kategori tinggi. Analisis inferensial menempuh uji normalitas variabel X dan Y. Hasil pengujian normalitas data menunjukan bahwa data variabel X dan Y berdistribusi normal. Dengan menggunakan nilai hitung Km (kemiringan kurva) – 1 dan + 1 ditemukan bahwa data variabel X bernilai -1 < km = 0 < +1. Sementara data variabel Y bernilai -1 < km = 0,47 < + 1. Dari hasil koefisien korelasi ditemukan bahwa r hitung ≥ r tabel (0,368 > 0,361). Hal ini menunjukan bahwa ada hubungan positif variabel X dan Y, sementara uji signifikan menunjukan bahwa t hitung ≥ t tabel (2,328 > 1,697). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kedisiplinan belajar dengan prestasi belajar memiliki hubungan yang signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Hj. Nurseha Gazali, M.Si dan Fahmi Gunawan, S. S. M. Hum).
Uncontrolled Keywords: Kedisiplianan Siswa, Pendidikan Agama Islam dan Prestasi Belajar
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 31 Jan 2018 03:34
Last Modified: 31 Jan 2018 03:34
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1010

Actions (login required)

View Item View Item