PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI METODE MIND MAPPING PADA MURID KELAS VI DI SD NEGERI I LAMPEAPI KEC. WAWONII TENGAH KAB. KONAWE

EMIRIA, NIM : 20100107-00814 (2011) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI METODE MIND MAPPING PADA MURID KELAS VI DI SD NEGERI I LAMPEAPI KEC. WAWONII TENGAH KAB. KONAWE. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER.docx

Download (99kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (32kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (324kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (39kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (14kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (30kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (37kB)

Abstract

ABSTRAK EMIRIA, NIM.20100107-00814, Peningkatan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Metode Mind Mapping Murid Kelas VI Pada SD Negeri 1 Lampeapi Kecamatan Wawonii Tengah Kabupaten Konawe (dibimbing oleh Bapak. Dr. Nur Alim, M.Pd) Salah satu masalah yang cukup penting untuk ditelaah adalah rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan hal ini terlihat pada sekolah-sekolah dasar di daerah terpencil yang ada di SD Negeri Lampeapi. Keterbatasan sarana dan prasarana pembelajaran seperti kurangnya alat bantu dalam proses pembelajaran Agama Islam, metode pembelajaran yang juga cenderung monoton, memberi kontribusi yang signifikan terhadap rendahnya motivasi siswa. Untuk itu peneliti mencoba menerapkan salah satu strategi pembelajaran aktif yang menjadikan siswa aktif dalam kegiatan pembelajaran sehingga peneliti mengambil judul penelitian “Peningkatan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Metode Mind Mapping Pada Murid Kelas VI SDN 1 Lampeapi Kecamatan Wawonii Kabupaten Konawe Sulawesi Tenggara”. Identifitkasi dalam penelitian ini adalah Motivasi murid kelas VI SDN 1 Lampeapi Kec. Wawonii Tengah Kab. Konawe Sulawesi Tenggara rendah dalam mengikuti proses pembelajaran pendidikan Agama Islam, Strategi pembelajaran yang diterapkan oleh guru cenderung monoton dan tidak menarik serta membangkitkan motivasi belajar Penelitin ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang dicirikan dengan istilah siklus. Peneliti berperan sebagai guru yang menerapkan secara langsung strategi mind mapping dan guru bidang studi Pendidikan Agama Islam sebagai pengamat.Penelitian dilakukan 2 siklus 4 kali pertemuan. Pelaksanaan strategi mind mapping pada bidang studi pendidikan agama Islam di kelas VI SD Negeri 1 Lampeapi berjalan sesuai dengan prosedur strategi tersebut. Pada pertemuan pertama siklus I persentase aktivitas siswa yang masuk dalam kategori sangat aktif dan aktif sebesar 64% sedangkan untuk siswa yang masuk dalam ketegori cukup aktif dan kurang aktif sebesar 36%. Kemudian pada pertemuan ke dua persentase aktivitas siswa mengalami peningkatan dimana siswa yang berada pada kategori sangat aktif dan aktif sebesar 76% dan siswa yang berada pada kategori cukup aktif dan kurang aktif sebesar 24%.Persentase aktivitas siswa yang sangat aktif dan aktif selama kegiatan pembelajaran belangsung pada pertemuan pertama siklus II kembali mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan hasil analisis aktivitas siswa pada siklus I. Siswa yang berada pada kategori sangat aktif dan aktif pada pertemuan pertama siklus I sebesar 82% dan siswa yang berada pada karegori cukup aktif dan kurang aktif sebesar 18%. Kemudian pada pertemuan ke dua kategori siswa yang sangat aktif dan aktif meningkat menjadi 88% dan siswa yang berada pada karegori cukup aktif hanya 12%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Nur Alim, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam, Motivasi Belajar dan Metode Mind Mapping
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 22 Feb 2018 01:10
Last Modified: 22 Feb 2018 01:10
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1089

Actions (login required)

View Item View Item