HADAWIAH, NIM: 20100107.01090 (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR AL QUR’AN HADIS MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN LEARNING TOGETHER PADA MURID KELAS III MIN KOLESE KECAMATAN LEA-LEA KOTA BAUBAU. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.
|
Text
COVER.pdf Download (311kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (295kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (313kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (314kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (397kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (284kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (282kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (289kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK NAMA : HADAWIAH NIM : 20100107.01090 JUDUL : PENINGKATAN HASIL BELAJAR AL QUR’AN HADIS MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN LEARNING TOGETHER PADA MURID KELAS III MIN KOLESE KECAMATAN LEA-LEA KOTA BAUBAU Penelitian ini berjudul “Peningkatan Hasil Belajar Al Qur’an Hadis Melalui Penerapan Pembelajaran Learning Together Pada Murid Kelas III MIN Kolese Kecamatan Lea-Lea Kota Baubau” tahun pelajaran 2011/2012. Pembelajaran Al Qur’an Hadis tentang Terjemahan Surat Al Ikhlas di MIN Kolese belum memadai untuk meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini disebabkan oleh teknik yang digunakan guru sangat monoton dan tidak variatif sehingga siswa merasa bosan dan kesulitan dalam memahami materi yang diajarkan. Adapun permasalahan penelitian tindakan kelas ini yaitu apakah melalui model pembelajaran learning together dapat meningkatkan hasil belajar Al Qur’an Hadis pokok bahasan Terjemahan surat Al Ikhlas kelas III MIN Kolese?. Sedangkan tujuan yang ingin dicapai adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran Al Qur’an Hadis pokok bahasan terjemahan surat Al Ikhlas kelas III MIN Kolese melalui model pembelajaran learning together. Dalam prosedur penelitian ini terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi serta refleksi. Sumber data penelitian ini adalah siswa dan guru. Jenis data yang diperoleh adalah data kuantitatif dan kualitatif, sehingga keberhasilan penelitian dilihat dari dua segi yaitu dari proses dan hasil (nilai) siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran mengenai Terjemahan Surat Al Ikhlas melalui model learning together dapat meningkatkan hasil belajar siswa III MIN Kolese. Dilihat dari hasil observasi, respon siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran sangat efektif. Hasil belajar siswa secara klasikal, jumlah nilai 60 ke atas diperoleh 7 siswa atau 35% pada tes awal menjadi 13 siswa atau 65% pada siklus I dan pada akhir siklus II meningkat menjadi 18 siswa atau 90%. Dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang diajukan dapat diterima yaitu melalui model pembelajaran learning together hasil belajar Al Qur’an Hadis Pokok Bahasan Terjemahan Surat Al Ikhlas murid Kelas III MIN Kolese Kecamatan Lea-Lea Kota Baubau dapat meningkat”.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Drs. Amri, M.THI |
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar,AL QUR’AN HADIS dan Pembelajaran Learning Together, |
Subjects: | Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Tilman Syah . |
Date Deposited: | 22 Feb 2018 01:18 |
Last Modified: | 22 Feb 2018 01:18 |
URI: | http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1090 |
Actions (login required)
View Item |