PENGARUH PENGGUNAAN BAHAN AJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR FIQIH PADA SISWA MTs AL-ABRAR AMERORO KEC.UEPAI KAB. KONAWE

JUWARMAN, 0801 01 01 144 (2012) PENGARUH PENGGUNAAN BAHAN AJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR FIQIH PADA SISWA MTs AL-ABRAR AMERORO KEC.UEPAI KAB. KONAWE. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER.docx

Download (161kB)
[img] Text
BAB I.doc

Download (57kB)
[img] Text
BAB II.doc

Download (95kB)
[img] Text
BAB III.doc

Download (75kB)
[img] Text
BAB IV.doc
Restricted to Repository staff only

Download (267kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (14kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.doc

Download (43kB)
[img] Text
LAMPIRAN.doc

Download (324kB)

Abstract

ABSTRAK JUWARMAN, NIM. 08 01 01 01 144. “Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Terhadap Motivasi Belajar Fiqih Pada Siswa MTs Al-Abrar Ameroro Kec.Uepai Kab. Konawe”. Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah di bimbing oleh (Ibu Dra. Hj. St. Kuraedah, M.Ag dan Ibu Ir. Hj. Ety Nur Inah, M.Si). Skripsi ini membahas tentang pengaruh penggunaan bahan ajar terhadap motivasi belajar fiqih pada siswa MTs Al-Abrar Ameroro. Pokok permasalahannya adalah apakah penggunaan bahan ajar berpengaruh terhadap motivasi belajar pendidikan agama Islam pada siswa MTs Al-Abrar Ameroro? Adapun tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh penggunaan bahan ajar terhadap motivasi belajar fiqhi pada siswa MTs al-Abrar Ameroro Kec.Uepai Kab. Konawe. Objek penelitian ini adalah siswa MTs Al-Abrar Ameroro, populasi dalam penelitian ini adalah 103 orang siswa tahun ajaran 2011/2012 terdiri dari kelas VII yang berjumlah 68 orang dan kelas VIII yang berjumlah 35 orang dan sampel penelitian berjumlah 31 orang dengan penarikan sampel 30% dari populasi dengan teknik stratified random sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel X ; Penggunaan Bahan Ajar, variabel Y; Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara quesioner dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah statistik analisis deskriptif, yang dituangkan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi (persentase), dan analisis inferensial untuk pengujian hipotesis penelitian yaitu analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; Penggunaan bahan ajar khususnya pelajaran fiqih di MTs al-Abrar Ameroro dari skor hasil pengumpulan data total nilai sebesar 1603 rata-rata (M) 51,7, simpangan baku (SD) 3.92, modus (Mo) 52, median (Me) 52, varians 15. 35. dan memiliki presentase 86% berada pada interval 81,25 – 100 dengan demikian kriterium yang ditetapkan nilai 1603 atau 86% berarti berada pada kriteria sangat baik. Motivasi belajar fiqih pada siswa MTs Al-Abrar Ameroro dari skor hasil pengumpulan data total nilai sebesar 1647, rata-rata (M) 53,1, simpangan baku (SD) 4.05, modus (Mo) 54, median (Me) 59, varians 16. 38, dan memiliki presentase 89% berada pada interval 81,25 – 100 dengan demikian kriterium yang ditetapkan nilai 1647 atau 89% berarti berada pada kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil analisis data penggunaan bahan ajar berpengaruh positif terhadap motivasi belajar fiqih pada siswa MTs al-Abrar Ameroro diperoleh r hitung = 0,541, dan r tabel taraf signifikan α 5% n = 31 maka di peroleh nilai r tabel = 0,355 berarti 0,541 > 0,355 artinya H1 diterima dan Ho ditolak, dan penggunaan bahan ajar memberikan kontribusi sebesar 29,27% terhadap motivasi belajar fiqih pada siswa MTs al-Abrar Ameroro, uji signifikan diperoleh F hitung = 28,99 dan Ft abel = 4,18 (28,99  4,18) maka tolak Ho dan terima Ha artinya penggunaan bahan ajar berpengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar fiqih pada siswa MTs al-Abrar Ameroro Kec.Uepai Kab. Konawe.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Hj. St. Kuraedah, M.Ag dan Ir. Hj. Ety Nur Inah, M.Si
Subjects: Fiqhi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 31 May 2018 03:19
Last Modified: 31 May 2018 03:19
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1166

Actions (login required)

View Item View Item