MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA DINI MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KARTU HITUNG DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL KOTA BAUBAU

NUR SARTIA HASANI, NIM. 20100107-00839 (2011) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA DINI MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KARTU HITUNG DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL KOTA BAUBAU. Skripsi thesis, IAIN Kendari.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (56kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (56kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nama Nur Sartia Hasani, Nim. 201007-00839, judul: “Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Melalui Penggunaan Media Kartu Hitung Di TK Aisyiyah Bustanul Atfal Kota Baubau”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka penulis merumuskan permasalahan dalam penelitian ini sebagai berikut: “Apakah dengan media kartu hitung dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak usia dini di TK Aisyiyah Bustanul Atfal Kota Baubau?”. Berdasarkan rumusan masalah maka tujuan dalam penelitian ini adalah : “Untuk mengetahui peningkatan kemampuan matematika dalam berhitung pada anak usia dini melalui media permainan kartu berhitung di TK Aisyiyah Bustanul Atfal Kota Baubau”. Penelitian ini dilakukan di TK Aisyiyah Bustanul Atfal Kota Baubau. Dengan desain penelitian tindakan kelas. Tahap penelitian ini mengikuti model yang dikembangkan oleh kemmis dan Mc. Taggart yaitu berupa suatu siklus spiral yang meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik wawancara, observasi dan catatan lapangan. Data yang bersifat kualitatif dari hasil observasi dan dokumentasi dianalisis secara deskripsi kualitatif, sedangkan data yang berupa angka atau data kuantitatif cukup dianalisis dengan menggunakan analisis deskripsi kuantitatif dan sajian visual. Kemampuan berhitung anak di TK Aisyiyah Bustanul Atfal Kota Baubau setelah digunakan media kartu hitung (pasca siklus) menunjukkan hasil bahwa secara umum kemampuan anak berada dalam kondisi baik. Skor tertinggi terhjadi peningkatan dari pra siklus yaitu 14, meningkat menjadi 19 pada siklus I dan meningkat kembali pada siklus II menjadi 27. Skor rata-rata pada prasiklus adalah 16,meningkat menjadi 25,8 pada siklus 1dan mengalami peningkatan lagi pada siklus 11 29,15. Adanya peningkatan presentase kemampuan berhitung anak yaitu,pada prasiklus sebesar 53,3% menjadi 86% pada siklus 1,dan kemudian meningkat lagi menjadi 97,1% pada siklus 11. hasil ini membuktikan terjadi peningkatan kemampuan berhitung anak didik setelah dilakukan penelitian tindakan kelas, berarti dengan penggunaan media kartu hitung telah berhasil meningkatkan kemapuan berhitung anak di TK AISYIYAH bustanul Atfal Baubau.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Hj. St Fatimah Kadir, M.A
Uncontrolled Keywords: BERHITUNG, ANAK USIA DINI,dan MEDIA KARTU HITUNG
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 06 Jun 2018 06:42
Last Modified: 06 Jun 2018 06:42
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1177

Actions (login required)

View Item View Item