MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING TO BE QUESTION PADA MURID KELAS VI SDN 1 LALONGGSUMEETO KEC. LALONGGSUMEETO KAB. KONAWE

SATRIANI, A.Ma, NIM. 20100107-00809 (2011) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING TO BE QUESTION PADA MURID KELAS VI SDN 1 LALONGGSUMEETO KEC. LALONGGSUMEETO KAB. KONAWE. Skripsi thesis, IAIN Kendari.

[img] Text
COVER.rtf

Download (5MB)
[img] Text
BAB I.rtf

Download (67kB)
[img] Text
BAB II.rtf

Download (210kB)
[img] Text
BAB III.rtf

Download (198kB)
[img] Text
BAB IV.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (471kB)
[img] Text
BAB V.rtf

Download (68kB)
[img] Text
LAMPIRAN.rtf

Download (148kB)

Abstract

ABSTRAK Satriani, 20100107-00809, Meningkatkan Hasil Belajar PAI Siswa Melalui Model Pembelajaran Learning To Be Question pada Siswa Kelas VI SDN 1 Lalonggasumeeto Kab. Konawe, (dibimbing oleh : Ir. Hj. Ety Nur Inah, M.Si.) Skripsi ini membahas tentang “Meningkatkan Hasil Belajar PAI Siswa Melalui Model Pembelajaran Learning To Be Question pada Siswa Kelas VI SDN 1 Lalonggasumeeto Kab. Konawe”, dengan pokok masalah “Apakah Model Pembelajaran Learning To Be Question dapat meningkatkan hasil belajar PAI pada murid kelas VI di SDN 1 Lalonggasumeeto Kec. Lalonggasumeeto Kab. Konawe”. Pemecahan masalah dilakukan dengan pendekatan kaji tindak, yakni menerapkan Model Pembelajaran Learning To Be Question dalam situasi belajar di SDN 1 Lalonggasumeeto pada mata pelajaran PAI. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui efektifitas Model Pembelajaran Learning To Be Question di SDN 1 Lalonggasumeeto Kec. Lalonggasumeeto Kab. Konawe; 2) Untuk mengetahui hasil belajar PAI murid di SDN Rapambinopaka Kec. Lalonggasumeeto Kab. Konawe; dan 3) Untuk meningkatkan hasil belajar PAI siswa di SDN 1 Lalonggasumeeto melalui Model Pembelajaran Learning To Be Question. Penelitian ini menghasilkan beberapa temuan, yakni: (1) Model pembelajaran learning to be question cukup efektif dalam memperbaiki proses pembelajaran terutama dalam mata pelajaran PAI, dimana siswa dapat terlibat lebih banyak dalam proses belajar mengajar, seperti belajar mandiri, dan menanyakan hal-hal yang belum dipahami, sehingga dengan sendirinya mulai terbentuk keterampilan dalam bertanya. (2) Hasil belajar PAI siswa kelas VI SDN 1 Lalonggasumeeto sebelum diberikan tindakan diketahui melalui tes kemampuan awal, dimana nilai yang diperoleh masih jauh dari standar ketuntasan minimal. Hasil tes kemampuan awal siswa kelas VI SDN 1 Lalonggasumeeto memperoleh nilai rata-rata = 55.71. Setelah diberikan tindakan pada siklus I mengalami peningkatan nilai rata-rata = 62.85. Selanjutnya pada siklus II perolehan nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas VI adalah = 75.71. (3) Model learning to be question dapat meningkatkan hasil belajar PAI siswa kelas VI SDN 1 Lalonggasumeeto Kecamatan Lalonggasumeeto Kabupaten Konawe. Hal ini dibuktikan dengan memperbandingkan hasil belajar siswa pada siklus I (62.85) dan II (75.71). Hasil analisis ketuntasan belajar menunjukkan bahwa siswa yang mendapatkan nilai 70 – 90 berjumlah 12 orang atau sebesar 85.71 % dari 75 % yang ditetapkan sebagai indikator kinerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Ir. Hj. Ety Nur Inah, M.Si
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Pendidikan Agama islam, dan LEARNING TO BE QUESTION
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 07 Aug 2018 01:39
Last Modified: 07 Aug 2018 01:39
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1204

Actions (login required)

View Item View Item