PENERAPAN STRATEGI AKTIFITAS TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGAPRESIASI CERITA FIKSI KELAS V MIS WAWOTOBI KABUPATEN KONAWE

MUH. SYAKARMAN, A., NIM : 20100107-01082 (2011) PENERAPAN STRATEGI AKTIFITAS TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGAPRESIASI CERITA FIKSI KELAS V MIS WAWOTOBI KABUPATEN KONAWE. Skripsi thesis, IAIN Kendari.

[img] Text
COVER.doc

Download (25kB)
[img] Text
BAB I.doc

Download (38kB)
[img] Text
BAB II.doc

Download (103kB)
[img] Text
BAB III.doc

Download (61kB)
[img] Text
BAB IV.doc
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img] Text
BAB V.doc

Download (27kB)
[img] Text
Daftar pustaka.doc

Download (292kB)

Abstract

ABSTRAK Muh. Syakarman, Nim. 20100107-01082. “Penerapan Strategi Aktivitas Terbimbing Guru Bahasa Indonesia dalam Meningkatkan Apresiasi Tentang Cerita Fiksi pada Murid Kelas V MIS Wawotobi Kabupaten Konawe”. Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah melalui bimbingan Drs. Abdul. Kadir, M.Pd Dalam melatih siswa mengapresiasi cerita fiksi oleh guru Bahasa Indonesia menerapkan strategi aktivitas terbimbing. Berdasarkan hal tersebut, peneliti tertarik mengangkat judul “Penerapan Strategi Aktivitas Terbimbing Guru Bahasa Indonesia dalam Meningkatkan Apresiasi Tentang Cerita Fiksi pada Murid Kelas V MIS Wawotobi Kabupaten Konawe”. Adapun batasan masalah dalam penelitian ini adalah; 1) Cara guru Bahasa Indonesia menggunakan strategi aktivitas terbimbing di kelas V MIS Wawotobi Kabupaten Konawe, 2) Apresiasi murid tentang cerita fiksi di kelas V MIS sebelum guru Bahasa Indonesia menggunakan strategi aktivitas terbimbing di MIS Wawotobi Kabupaten Konawe Wawotobi Kabupaten Konawe dan 3) Apresiasi murid tentang cerita fiksi di kelas V MIS setelah guru Bahasa Indonesia menggunakan strategi aktivitas terbimbing di MIS Wawotobi Kabupaten Konawe Wawotobi Kabupaten Konawe dan 4) Malalui penggunaan strategi aktivitas terbimbing guru Bahasa Indonesia dapat meningkatkan apresiasi murid tentang cerita fiksi di kelas V MIS Wawotobi Kabupaten Konawe. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas partisipan yaitu suatu penelitian dikatakan sebagai PTK partisipan ialah apabila orang yang akan melaksanakan penelian harus terlibat langsung dalam proses penelitian sejak awal sampai dengan hasil penelitian berupa laporan. faktor-faktor yang akan diselidiki dalam penelitian ini adalah siswa dan guru. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa Pada siklus I Sesudah guru menggunakan strategi aktivitas terbimbing hasilnya dari 15 orang murid kelas V, 8 orang murid mendapat nilai 5, 4 orang murid mendapat nilai 6 dan 3 orang murid mendapat nilai 7 dengan perolehan nilai rata-rata 6. Peningkatan ini tentu belum sesuai dengan apa yang diharapkan dan masih berada dibawah angka prinsip belajar tuntas, oleh karena itu perlu dilakukan siklus kedua. Sesudah siklus II dilakukan hasilnya menjadi 5 orang murid mendapat nilai 7 dan 10 orang mampu mengapresiasikan cerita fiksi sehingga mendapat nilai 8 dengan nilai rata-rata keseluruhan 8. Peningkatan ini sudah sesuai dengan apa yang diharapkan yang dituangkan dalam hipotesis, dan sesuai dengan prinsip belajar tuntas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Abd. Kadir, M.Pd dan Dra. Hj. St. Kuraedah, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Strategi Aktivitas Terbimbing, Apresiasi Sastra Anak dan Cerita Fiksi
Subjects: Kinerja Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 07 Aug 2018 06:45
Last Modified: 07 Aug 2018 06:45
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1208

Actions (login required)

View Item View Item