PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA DINI MELALUI PENERAPAN TEORI MULTIPLE INTELLEGENCES DI TK AISYIYAH BUSNATUL ATHFAL KOTA BAUBAU

SUFRINA, NIM : 20100107-00826 (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA DINI MELALUI PENERAPAN TEORI MULTIPLE INTELLEGENCES DI TK AISYIYAH BUSNATUL ATHFAL KOTA BAUBAU. Skripsi thesis, IAIN Kendari.

[img] Text
COVER.doc

Download (355kB)
[img] Text
BAB I.doc

Download (59kB)
[img] Text
BAB II.doc

Download (208kB)
[img] Text
BAB III.doc

Download (68kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img] Text
BAB V.doc

Download (38kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.doc

Download (68kB)

Abstract

ABSTRAK SUFRINA, Nim. 20100107-00826, Peningkatan Berhitung Anak Usia Dini Melalui Penerapan Teori Multiple Intelligences. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Jurusan Pendidikan Agama Islam. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Dosen pembimbing Drs. Pairin, M.Ag Rumusuan masalah pada penelitian ini adalah sebagai berikut. Apakah penggunaan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam di SD Negeri Papawu Kec. Andoolo Kab. Konawe Selatan? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penggunaan media gambar di SD Negeri Papawu Kec. Andoolo Kab. Konawe Selatan dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas IV dengan menggunakan media gambar pada mata pelajaran pendidikan agama Islam pokok bahasan membaca surah-surah Al-Qur'an di SD Negeri Papawu Kec. Andoolo Kab. Konawe Selatan. Metode penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus di mana tiap siklus meliputi perencanaan, tahap pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas IV semester II SD Negeri Papawu tahun pelajaran 2010/2011 yang terdiri dari 25 siswa dimana terdapat 11 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Simpulan yang dapat diambil adalah bahwa hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran pendidikan agama Islam pokok bahasan membaca surah-surah Al-Qur'an di SD Negeri Papawu dapat ditingkatkan melalui penerapan media gambar dengan presentase jumlah siswa yang mengalami ketuntasan, dimana pada siklus I sebanyak 17 orang atau sebesar 68% dengan nilai rata-rata 63,80, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 22 orang atau sebesar 88% dengan nilai rata-rata 73,60. Sehingga memenuhi indikator ketuntasan secara klasikal lebih 75% dari jumlah kesuluruhan siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Pairin, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Media, Media Gambar, Hasil Belajar dan Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 08 Aug 2018 06:28
Last Modified: 08 Aug 2018 06:28
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1217

Actions (login required)

View Item View Item