GAMBARAN KETERBUKAAN DIRI SISWA (SELF DISCLOSURE) MTs NEGERI 3 KONAWE

WIRDA WULANDARI EKA PUTRI, NIM : 12030102009 (2017) GAMBARAN KETERBUKAAN DIRI SISWA (SELF DISCLOSURE) MTs NEGERI 3 KONAWE. Skripsi thesis, IAIN Kendari.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (174kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (420kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (145kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Wirda Wulandari Eka Putri. NIM. 120301022009 “Gambaran Keterbukaan Diri Siswa (Self Disclosure) MTs Negeri 3 Konawe.” Dibimbing oleh Dr. Ros Mayasari, M.Si dan Sitti Fauziah, M. S.Pd.I, M.Pd Self disclosure merupakan espek yang terpenting dalam mengenal kepribadian siswa agar mudah didiagnosa dan menentukan langkah optimal untuk mengatasi apabila terdapat masalah yang dapat mempengaruhi siswa dalam belajar. Berdasarkan pengamatan penulis banyak siswa yang tidak memberikan alasan secara spesifik kepada guru BK sekolah mengenai hal-hal yang menyangkut masalah yang dihadapinya, siswa yang cenderung mengalami gangguan psikologis ringan seperti tiba-tiba sangat marah pada temannya tanpa alasan dan ada juga prilaku menyimpang lain seperti prilaku merokok, miras, pola komunikasi amoral terhadap sesama siswa seperti berbicara atau menyapa dengan bahasa yang kasarn bullying, dan masih banyak lagi bentuk prilaku yang menyimpang yang senantiasa dilakukan oleh beberapa siswa. Menurut pengamatan penulis hal ini, jika dibiarkan terus-menerus nantinya bisa mempengaruhi kehidupan sosialnya, sehingga siswa tidak dapat mengembangkan potensinya dengan optimal, untuk itu maka penulis merumuskan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana gambaran keterbukaan diri (self disclosure) pada siswa MTs Negeri 3 Konawe Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data adalah angket, observasi dan dokumentasi, dari metode pengumpulan data tersebut maka dilakukan analisis data dengan analisis frekuensi dan deskripsi data angket dengan menggunakan SPSS ver 21. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa keterbukaan diri pada siswa MTs Negeri 3 Konawe berada pada kriteria sedang yaitu sebesar 47 siswa dengan persentase 67.2%. Namun ada pula beberapa siswa yang masuk pada kriteria tinggi yaitu 23 siswa atau 32.8%. Hal ini menunjukkan bahwa ada beberapa siswa yang lebih terbuka /respek untuk berbagi informasi tentang apa yang dirasakan. Sedangkan aspek-aspek dominan yang mempengaruhi self disclosure siswa MTs Negeri 3 Konawe yaitu aspek yang mempunyai nilai mean empirik terbesar adalah aspek inter personal dengan mean empirik sebesar 11.51 yang berarti aspek interpersonal mempunyai pengaruh terbesar dalam menentukan tinggi rendahnya keterbukaan diri siswa di MTs Negeri 3 Konawe sedangkan aspek yang tidak telalu memberikan respek kepada siswa untuk keterbukaan diri adalah aspek sex and love hal ini berdasarkan mean empirik 5,67 sangat rendah dibanding dengan beberapa aspek lain yang dijadikan rujukan dalam penelitian ini

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Ros Mayasari, M.Si dan Sitti Fauziah, M. S.Pd.I, M.Pd
Uncontrolled Keywords: SELF DISCLOSURE), KETERBUKAAN DIRI dan SISWA
Subjects: Bimbingan Dan Penyuluhan
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 14 Aug 2018 06:33
Last Modified: 14 Aug 2018 06:33
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1248

Actions (login required)

View Item View Item