MENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT (STUDI PTK PADA SISWA KELAS X IPS 5 SMAN 5 KOTA KENDARI)

HAJAR YANTI, Nim. 14010101113 (2018) MENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT (STUDI PTK PADA SISWA KELAS X IPS 5 SMAN 5 KOTA KENDARI). Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (721kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (417kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (510kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Hajar Yanti.14010101113. “Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar PAI Melalui Model Pembelajaran Cooperative Script (Studi Ptk Pada Siswa SMAN 5 Kota Kendari)”. Melalui bimbingan Dr. Hj. St. Kuraedah, M.Ag. Judul penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan pemnelajaran pendidikan agama islam melalui model pembelajaran Cooperative Script pada siswa kelas X IPS 5 SMAN 5 Kota Kendari dan untuk mengetahui model pembejaran Cooperative Script dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pendidikan agama islam pada siswa kelas X IPS 5 SMAN 5 Kendari. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan dengan objek penelitian yakni siswa kelas X IPS 5 yang berjumlah 36 siswa. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data-data dalam penelitian ini diperoleh melalui lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta tes hasil belajar yang dianalisa secara kualitatif dan kuanitatif. Hasil aktivitas belajar pendidikan agama islam siswa kelas X IPS 5 SMAN 5 Kota Kendari melalui model pembelajaran Cooperative Script mengalami peningkatan pada kategori baik pada siklus I yaitu 59,44% meningkat menjadi 82,39% pada siklus II, dan hasil aktivitas guru pada siklus I yaitu 77,65% meningkat menjadi 85,42% pada siklus II. Hasil belajar pendidikan agama islam siswa kelas X IPS 5 SMAN 5 Kota Kendari melalui model pembelajaran Cooperative Script mengalami peningkatan yang signifikan. Hal ini dapat dilihat dari nilai pra siklus sampai siklus II yakini nilai rata-rata prasiklus mencapai 68,55 dengan ketuntasan belajar mencapai 52,77% dan setelah tindakan siklus I ketuntasan belajar mencapai 63,88% dengan nilai rata-rata 72,22. Ketuntasan belajar siklus II mencapai 83,33% dengan nilai rata-rata 79,23. Adapun peningkatan hasil belajar pra siklus ke siklus II sebesar 57,91%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. St. Kuraedah, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Belajar, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar DAN Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 27 Sep 2018 06:15
Last Modified: 27 Sep 2018 06:15
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1350

Actions (login required)

View Item View Item