PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI METODE PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH DI SDN 2 LAONTI KEC. LAONTI KAB. KONSEL

ROSDIANA, NIM: 14010104020 (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI METODE PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH DI SDN 2 LAONTI KEC. LAONTI KAB. KONSEL. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (169kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (929kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK ROSDIANA, NIM.14010104020, Judul: Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Metode Pembelajaran Index Card Match di SDN 2 Laonti Kecamatan Laonti Kabupaten Konawe Selatan, (Dibimbing Oleh:Dr. Samrin, M.Pd. I). Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa melalui metode pembelajaran Index Card Match pada mata pelajaran PAI di kelas IV SDN 2 Laonti, dan untuk mengetahui metode pembelajaran Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SDN 2 Laonti. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak 2 siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data-data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi dan hasil belajar yang dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV pada tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 13 siswa. Hasil penelitian menunjukkan metode pembelajaran Index Card Match terjadi peningkatan yang sangat signifikan pada hasil belajar siswa begitupun juga aktivitas guru dan siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang dicapai disetiap siklus. Dimana pada hasil tes awal sebelum pelaksanaan tindakan melalui metode pembelajaran Index Card Match ketuntasan siswa hanya mencapai 46,15% dengan nilai rata-rata 66,15. Kemudian dialakukannya tidakan siklus I menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar, ketuntasan belajar mencapai 61,15% dengan nilai rata-rata 69,23. Namun belum mencapai indikator keberhasilan yaitu 75%. Sehingga dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat dengan persentase ketuntasann mencapai 84,61% dengan nilai rata-81,53. Selanjutnya aktivitas guru dan siswa. Pada siklus I pertemuan pertama hasil aktivitas guru mencapai 85,22% dan ktivitas siswa mencapai 84,52%. Sedangkan pada pertemuan kedua siklus I Aktivitas guru mencapai 89,77% dan aktivitas siswa mencapai 89,28%. Sedangkan pada siklus II pertemuan pertama aktivitas guru mencapai 94,31% dan aktivitas siswa mencapai 94,04%. Kemudian pada pertemuan kedua siklus II aktivitas guru mencapai 97,72% dan aktivitas siswa mencapai 97,61%. Kata Kunci: Metode Index Card Match, Belajar, Pendidikan Agama Islam, SDN 2 Laonti

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Samrin, M.Pd. I).
Uncontrolled Keywords: Metode Index Card Match, Belajar, Pendidikan Agama Islam, SDN 2 Laonti
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 27 Sep 2018 06:39
Last Modified: 27 Sep 2018 06:39
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1353

Actions (login required)

View Item View Item