ANDI SUCI WULAN QUR’ANI, NIM. 14010101025 (2018) KOMPETENSI DOSEN HADIS DALAM PEMBELAJARAN HADIS TARBAWI PADA PROGRAM STUDI PAI DI FTIK IAIN KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.
|
Text
COVER.pdf Download (229kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (88kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (147kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (30kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (38kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (797kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Andi Suci Wulan Qur’ani, NIM. 14010101025 “Kompetensi Dosen Hadis dalam Pembelajaran Hadis Tarbawi pada Program Studi PAI di FTIK IAIN Kendari”. (Dibimbing oleh: Dr. Abdul Kadir P., M.Pd). Skripsi ini berkenaan dengan Kompetensi Dosen Hadis dalam Pembelajaran Hadis Tarbawi pada Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Pertanyaan utama yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah (1) Bagaimana kompetensi paedagogik dosen hadis dalam pembelajaran hadis tarbawi pada program studi PAI di FTIK IAIN Kendari. (2) Bagaimana upaya dosen hadis dalam meningkatkan kualitas pembelajaran hadis tarbawi program studi PAI di FTIK IAIN Kendari. Dan tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Kompetensi Dosen Hadis dalam Pembelajaran Hadis Tarbawi pada program studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan di IAIN Kendari Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif dengan lokasi penelitian di Institut Agama Islam Negeri IAIN Kendari. Subjek penelitian ini terdiri dari delapan orang subjek penelitian. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data penelitian ini yaitu melalui triangulasi. Teknik analisis data bersifat deskriptif kualitatf dengan menggunakan tiga tahapan yaitu 1) reduksi data, 2) penyajian data, 3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Komptensi paedagogik yang dimiliki oleh dosen hadis dalam pembelajaran hadis tarbawi telah memenuhi kompetensi paedagogik tenaga kependidikan, diantaranya kemampuan dalam memahami peserta didik, merancang pembelajaran, melaksanakan proses pembelajaran, mengembangkan peserta didik dan mengevaluasi hasil belajar peserta didik. (2) Dalam meningkatkan kualitas pembelajaran hadis, dosen melakukan upaya meningkatkankan kualitas penggunaan media pembelajaran melalui media auditif, visual dan media audio visual adapun metode pembelajaran yang diterapkan yakni metode ceramah, diskusi, latihan, kerja kelompok, tanya jawab serta metode pemberian tugas dan dosen hadis senantiasa mengikuti penataran untuk meningkatkan wawasan, gemar membaca buku-buku pendidikan, mengikuti pelatihan dan seminar, membaca dan menulis karya ilmiyah, melakukan penelitian tindakan kelas (PTK), melakukan pembinaan khusus dan mengadakan penataran terhadap tugas sebagai dosen. Kata kunci: Kompetensi Paedagogik Dosen pada Pembelajaran Hadis Tarbawi
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Dr. Abdul Kadir P., M.Pd). |
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Paedagogik Dosen pada Pembelajaran Hadis Tarbawi |
Subjects: | Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Tilman Syah . |
Date Deposited: | 01 Nov 2018 05:53 |
Last Modified: | 01 Nov 2018 05:53 |
URI: | http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1382 |
Actions (login required)
View Item |