KOMPETENSI DOSEN HADIS DALAM PEMBELAJARAN HADIS TARBAWI PADA PROGRAM STUDI PAI DI FTIK IAIN KENDARI

ANDI SUCI WULAN QUR’ANI, NIM. 14010101025 (2018) KOMPETENSI DOSEN HADIS DALAM PEMBELAJARAN HADIS TARBAWI PADA PROGRAM STUDI PAI DI FTIK IAIN KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (88kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (797kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Andi Suci Wulan Qur’ani, NIM. 14010101025 “Kompetensi Dosen Hadis dalam Pembelajaran Hadis Tarbawi pada Program Studi PAI di FTIK IAIN Kendari”. (Dibimbing oleh: Dr. Abdul Kadir P., M.Pd). Skripsi ini berkenaan dengan Kompetensi Dosen Hadis dalam Pembelajaran Hadis Tarbawi pada Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Pertanyaan utama yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah (1) Bagaimana kompetensi paedagogik dosen hadis dalam pembelajaran hadis tarbawi pada program studi PAI di FTIK IAIN Kendari. (2) Bagaimana upaya dosen hadis dalam meningkatkan kualitas pembelajaran hadis tarbawi program studi PAI di FTIK IAIN Kendari. Dan tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Kompetensi Dosen Hadis dalam Pembelajaran Hadis Tarbawi pada program studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan di IAIN Kendari Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif dengan lokasi penelitian di Institut Agama Islam Negeri IAIN Kendari. Subjek penelitian ini terdiri dari delapan orang subjek penelitian. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data penelitian ini yaitu melalui triangulasi. Teknik analisis data bersifat deskriptif kualitatf dengan menggunakan tiga tahapan yaitu 1) reduksi data, 2) penyajian data, 3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Komptensi paedagogik yang dimiliki oleh dosen hadis dalam pembelajaran hadis tarbawi telah memenuhi kompetensi paedagogik tenaga kependidikan, diantaranya kemampuan dalam memahami peserta didik, merancang pembelajaran, melaksanakan proses pembelajaran, mengembangkan peserta didik dan mengevaluasi hasil belajar peserta didik. (2) Dalam meningkatkan kualitas pembelajaran hadis, dosen melakukan upaya meningkatkankan kualitas penggunaan media pembelajaran melalui media auditif, visual dan media audio visual adapun metode pembelajaran yang diterapkan yakni metode ceramah, diskusi, latihan, kerja kelompok, tanya jawab serta metode pemberian tugas dan dosen hadis senantiasa mengikuti penataran untuk meningkatkan wawasan, gemar membaca buku-buku pendidikan, mengikuti pelatihan dan seminar, membaca dan menulis karya ilmiyah, melakukan penelitian tindakan kelas (PTK), melakukan pembinaan khusus dan mengadakan penataran terhadap tugas sebagai dosen. Kata kunci: Kompetensi Paedagogik Dosen pada Pembelajaran Hadis Tarbawi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Abdul Kadir P., M.Pd).
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Paedagogik Dosen pada Pembelajaran Hadis Tarbawi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 01 Nov 2018 05:53
Last Modified: 01 Nov 2018 05:53
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1382

Actions (login required)

View Item View Item