PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA KELAS IVa SDN 3 RANOMEETO KAB. KONAWE SELATAN

ASNIAR LERA, NIM. 14010104032 (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA KELAS IVa SDN 3 RANOMEETO KAB. KONAWE SELATAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (75kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (744kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK ASNIAR LERA, NIM.14010104032, Judul: Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada kelas IVa SDN 3 Ranomeeto Kabupaten Konawe Selatan, (Dibimbing Oleh:Dr. Batmang, S.Ag, M.Pd. ). Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa melalui pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada kelas IVa SDN 3 Ranomeeto pada mata pelajaran IPS di kelas IVa SDN 3 Ranomeeto, dan untuk mengetahui model Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IVa di SDN 3 Ranomeeto. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak 2 siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data-data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi dan hasil belajar yang dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVa pada tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 20 siswa. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) terjadi peningkatan yang signifikan pada hasil belajar siswa begitupun juga aktivitas guru dan siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang dicapai disetiap siklus. Dimana pada hasil tes awal sebelum pelaksanaan tindakan melalui pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) ketuntasan siswa hanya mencapai 45% dengan nilai rata-rata 62,25. Kemudian dialakukannya tidakan siklus I menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar, ketuntasan belajar mencapai 65% dengan nilai rata-rata 70. Namun belum mencapai indikator keberhasilan yaitu 75%. Sehingga dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat dengan persentase ketuntasann mencapai 85% dengan nilai rata-rata 79,5. Selanjutnya aktivitas guru dan siswa. Pada siklus I pertemuan pertama hasil aktivitas guru mencapai 75% dan ktivitas siswa mencapai 72,2%. Sedangkan pada pertemuan kedua siklus I Aktivitas guru mencapai 85% dan aktivitas siswa mencapai 75%. Sedangkan pada siklus II pertemuan pertama aktivitas guru mencapai 90% dan aktivitas siswa mencapai 88,88%. Kemudian pada pertemuan kedua siklus II aktivitas guru mencapai 95% dan aktivitas siswa mencapai 94,4%. Kata Kunci: pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) SDN 3 Ranomeeto

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Batmang, S.Ag, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) SDN 3 Ranomeeto
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 06 Nov 2018 01:35
Last Modified: 06 Nov 2018 01:35
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1390

Actions (login required)

View Item View Item