STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA AL-QURAN PADA SISWA MTS NEGERI 1 KONAWE SELATAN

INDRAWATI, NIM. 14010101097 (2018) STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA AL-QURAN PADA SISWA MTS NEGERI 1 KONAWE SELATAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (679kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (560kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (670kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (474kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (568kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (988kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Indrawati Nim 14010101097, Strategi Guru dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Quran pada Siswa MTs Negeri 1 Konawe Selatan. Jurusan Pendidikan Agama Islam melalui bimbingan Dr. H. Herman, M. Pd.I Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor kesulitan membaca al- Quran pada siswa MTs Negeri 1 Konawe Selatan serta Untuk mengetahui strategi guru dalam mengatasi kesulitan membaca al-Quran siswa MTs Negeri 1 Konawe Selatan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah A) Faktor-faktor apa saja yang menyebabkan kesulitan membaca al-Quran pada siswa MTs Negeri 1 Konawe Selatan. B) Bagaimana strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca al-Quran pada siswa MTs Negeri 1 Konawe Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif yaitu pendekatan yang lebih menekankan analisis proses penyimpulan serta analisis terhadap dinamika fenomena yang diamati dengan menggunakan metode logika ilmiah. Objek penelitian ini adalah guru al-Quran hadits.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi data. Sedangkan Pemeriksaan keabsahan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara melakukan triangulasi yang mencakup triangulasi waktu, triangulasi sumber dan triangulasi teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan A) Faktor-faktor apa saja yang menyebabkan kesulitan membaca al-Quran pada siswa MTs Negeri 1 Konawe Selatan, Pertama: faktor Internal; a) kurangnya kesadaran dari siswa sendiri untuk bisa membaca al-Quran. b) ketidak aktifan mengikuti TPQ. Kedua, Faktor eksternal: a) lingkungan keluarga kurang memberikan motivasi pada anak sehingga anaknya tidak terbiasa dalam membaca al-Quran. b) Kurangnya dukungan dari Lingkungan masyarakat. B) Strategi guru dalam mengatasi kesulitan membaca al-Quran: a. Melafalkan huruf-huruf hijaiyah (makharijul huruf) strategi yang yang digunakan guru yaitu: 1) Mengunakan metode Iqra yaitu sistem pengajaran privat (secara individual) 2) Membaca iqra dengan mengeraskan volume suara agar siswa yang lain mendengarkan bacaan tersebut sehingga mempermudah siswa dalam memahami bacaan al-Quran. 3) Dalam melafalkan huruf-huruf hijaiyah menggunakan metode melagu. b. Dalam hal kesulitan Penguasaan ilmu tajwidnya strategi yang digunakan guru yaitu: 1) Dengan adanya pembelajaran ekstrakulikuler BTQ, dan dikelompokan berdasarkan tingkatannya sehingga siswa lebih terpantau dalam bacaan tajwidnya, karena siswa dikontrol satu persatu dalam pengucapan tajwidnya. 2.) Menggunakan metode murojaah. 3) Dalam hal kelancaran bacaan strategi yang digunakan guru yaitu Membaca al-Quran Bersama (Tadarrus) serta siswa diberi tugas menghafal ayat-ayat al-Quran. Kata kunci : Strategi Guru, Kesulitan Membaca al-Quran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Herman, M. Pd.I
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru, Kesulitan Membaca al-Quran.
Subjects: Kinerja Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 07 Nov 2018 01:42
Last Modified: 07 Nov 2018 01:42
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1407

Actions (login required)

View Item View Item