MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADIS MELALUI STRATEGI CROSSWORD PUZZLE SISWA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 3 BUTON

NUR AMALIA S, NIM. 14010101073 (2018) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADIS MELALUI STRATEGI CROSSWORD PUZZLE SISWA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 3 BUTON. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (111kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (325kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nur Amalia S, NIM: 14010101073, Judul: “Meningkatkan Hasil Belajar al- Quran Hadis Melalui Strategi Crossword Puzzel Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Buton Kec. Lasalimu Selatan Kab. Buton” (Dosen Pembimbing Dra. Marlina, M.Pd. I) Guru adalah pendidik utama dalam proses belajar mengajar yang harus dapat menggerakkan seluruh kompetensi-kompetensi yang dimiliki sehingga dapat menunjang ketercapaian hasil belajar yang diharapkan dan menciptakan output yang berkualitas. Salah satu kompetensi yang harus dikembangkan oleh guru adalah menggunakan strategi belajar mengajar itu sendiri. Atas dasar itu, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian terkait dengan “Meningkatkan Hasil Belajar al-Quran Hadis Melalui Strategi Crossword Puzzel Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Buton” Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan di MTsN 3 Buton Kec. Lasalimu Selatan Kab. Buton, sebanyak 2 siklus objek penelitian ini adalah siswa kelas VII A yang berjumlah 20 siswa adapun siswa laki-laki berjumlah 12 dan siswa perempuan berjumlah 8 siswa, adapaun instrument yang digunakan yaitu wawancara, dokumentasi, lembar observasi guru dan siswa, lembar kerja siswa dan peneliti. Sedangkan faktor yang diselidiki dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa, aktivitas guru dan siswa serta penerapan strategi pembelajaran crossword puzzle, prosedur penelitian ini dimulai dari perencanaan, observasi, tindakan evaluasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa penerapan strategi crossword puzzle pada istiqamah kunci keberhasilanku di Kelas VII A MTsN 3 Buton berjalan dengan baik, hal ini dapat dilihat bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan secara signifikan dan telah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal. Hasil belajar siswa kelas VII A MTsN 3 Buton, menunjukan nilai yang signifikan yaitu pada pra siklus hasil belajar siswa secara keseluruhan hanya mencapai 40%, setelah dilakukan tindakan pada siklus I dengan menggunakan strategi pembelajaran crossword puzzle hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 60%, kemudian dilanjutkan pada tindakan siklus II, dengan memperoleh hasil belajar siswa secara klasikal yang memuaskan yaitu pada siklus II perolehan nilai belajar siswa berjumlah 15 orang yang memperoleh nilai ≥ 70 dari jumlah 15 orang, dengan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 75%. Dengan demikian hasil belajar siswa meningkat secara signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Marlina, M.Pd. I
Uncontrolled Keywords: Belajar, Hasil Belajar, Pembelajaran Al-Qur’an Hadis dan Strategi Crossword Puzzle
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 14 Nov 2018 02:48
Last Modified: 14 Nov 2018 02:48
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1430

Actions (login required)

View Item View Item