PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAMPADA SISWA KELASV SDN 2 UNAAHA KABUPATEN KONAWE SKRIPSI

J U B R A N, NIM : KL.14010101002 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAMPADA SISWA KELASV SDN 2 UNAAHA KABUPATEN KONAWE SKRIPSI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (535kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (513kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (463kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (527kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (558kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN I.1 RPP I.pdf

Download (348kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Jubran, Nim. 14010101002. “Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas V SD Negeri 2 Unaaha Kabupaten Konawe” melalui bimbingan Dr. Hj. Sitti Hasniyati Gani Ali, M.Pd.I. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar pendidikan agama islam melalui penerapan model pembelajaran kontekstual pada siswa kelas V SD Negeri 2 Unaaha Kabupaten Konawe. Masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan prestasi belajar pendidikan agama Islam pada siswa kelas V SD Negeri 2 Unaaha. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (Classroom Action Reserch). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan peningkatan hasil belajar siswa dianalis secara kuantitatif. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di Kelas V SD Negeri 2 Unaaha. Hal itu berdasarkan perolehan hasil belajar siswa yang terus mengalami peningkatan dari satu siklus ke siklus berikutnya. Hasil evaluasi pra tindakan menunjukkan nilai rata-rata kelas sebesar 68,40 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 63%. Setelah tindakan siklus I dilakukan, prestasi belajar siswa meningkat dengan nilai rata-rata 74,5 dan persentase ketuntasan mencapai 77%. Selanjutnya, pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 81,98 dan persentase ketuntasan belajar mencapai 100%. Dengan pencapaian tersebut,indikator kinerja penelitian dapat dicapai sehingga hipotesis tindakan dinyatakan terbukti, yaitu penerapan model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan prestasi belajar pendidikan agama islam pada siswa kelas V SDN 2 Unaaha..

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. Sitti Hasniyati Gani Ali, M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARAN, PRESTASI BELAJAR
Subjects: Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 08 Sep 2017 06:56
Last Modified: 08 Sep 2017 06:56
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/144

Actions (login required)

View Item View Item