ANALISIS PENGARUH DIMENSI KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA BANK BRI SYARIAH CABANG KENDARI

NATSIR SAHABUDDIN, NIM. 15040204008 (2018) ANALISIS PENGARUH DIMENSI KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA BANK BRI SYARIAH CABANG KENDARI. Masters thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (914kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (717kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (619kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (556kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (560kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nama Penyusun : Natsir Sahabuddin NIM : 15040204008 Judul Tesis : Analisis Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Bank BRI Syariah Cabang Kendari Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh dimensi kualitas pelayanan yang terdiri dari enam dimensi yaitu dimensi compliance (kepatuhan syariah), assurance (jaminan), reliability (kehandalan), tangibles (bukti langsung), empathy (empati) dan responsiveness (ketanggapan) terhadap loyalitas nasabah di Bank BRI Syariah Cabang Kendari. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah yang memiliki rekening dan tabungan Bank BRI Syariah Cabang Kendari. Sampel berjumlah 200 nasabah diambil dengan menggunakan teknik probability sampling dengan memakai prosedur simple random sampling. Variabel-variabel dalam penelitian ini adalah enam dimensi kualitas pelayanan sebagai exogenous variables (variabel bebas) yang terdiri atas enam dimensi dan loyalitas nasabah sebagai endogenous variables (variabel terikat). Skala pengukuran yang digunakan dalam kuesioner ini adalah skala Likert antara 1 sampai dengan 5. Skala pengukuran untuk variabel compliance, assurance, reability, tangibles, empathy, responsiveness dan loyalitas nasabah diukur melalui modifikasi dengan poin yang disesuaikan dengan materi penelitian yang dikembangkan. Uji validitas dalam penelitian ini dilakukan dengan cara membandingkan nilai Correlated Item-Total Correlation (rhitung) >nilai rtabel dan nilai positif. Pengujian realibilitas menggunakan 30 subjek dilakukan dengan teknik Alpha Cronbach (α). Suatu variabel dikatakan reliabel jika memberikan nilai Alpha Cronbach > 0,60. Teknik analisis statistik yang digunakan adalah model persamaan struktural atau Structural Equation Modelling (SEM) dengan bantuan program AMOS 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keenam variabel memberikan pengaruh yang signifikan dan positif terhadap loyalitas nasabah dengan angka statistik Compliance (koefisien path = 0,188, C.R.= 2,370, dan p = 0,018); Assurance (koefisien path = 0,168, C.R.= 2,090, dan p = 0,037); Reliability (koefisien path = 0,159, C.R.= 1,966, dan p = 0,049); Tangibles (koefisien path = 0,205, C.R.= 2,309, dan p = 0,021); Empathy (koefisien path = 0,176, C.R.= 2,131, dan p = 0,033); dan Responsiveness (koefisien path = 0,236, C.R.= 2,317, dan p = 0,021). Kata Kunci: kepatuhan, jaminan, kehandalan, bukti langsung, empati, ketanggapan, loyalitas nasabah

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Dr. H. Samdin, M.Si dan Prof. Dr. H. Hasan Aedy, M.Si
Uncontrolled Keywords: kepatuhan, jaminan, kehandalan, bukti langsung, empati, ketanggapan, loyalitas nasabah
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: PASCASARJANA > Prodi Ekonomi Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 01 Feb 2019 07:09
Last Modified: 01 Feb 2019 07:09
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1596

Actions (login required)

View Item View Item