NATSIR SAHABUDDIN, NIM. 15040204008 (2018) ANALISIS PENGARUH DIMENSI KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA BANK BRI SYARIAH CABANG KENDARI. Masters thesis, IAIN KENDARI.
|
Text
COVER.pdf Download (914kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (717kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (619kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (556kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (560kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Nama Penyusun : Natsir Sahabuddin NIM : 15040204008 Judul Tesis : Analisis Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Bank BRI Syariah Cabang Kendari Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh dimensi kualitas pelayanan yang terdiri dari enam dimensi yaitu dimensi compliance (kepatuhan syariah), assurance (jaminan), reliability (kehandalan), tangibles (bukti langsung), empathy (empati) dan responsiveness (ketanggapan) terhadap loyalitas nasabah di Bank BRI Syariah Cabang Kendari. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah yang memiliki rekening dan tabungan Bank BRI Syariah Cabang Kendari. Sampel berjumlah 200 nasabah diambil dengan menggunakan teknik probability sampling dengan memakai prosedur simple random sampling. Variabel-variabel dalam penelitian ini adalah enam dimensi kualitas pelayanan sebagai exogenous variables (variabel bebas) yang terdiri atas enam dimensi dan loyalitas nasabah sebagai endogenous variables (variabel terikat). Skala pengukuran yang digunakan dalam kuesioner ini adalah skala Likert antara 1 sampai dengan 5. Skala pengukuran untuk variabel compliance, assurance, reability, tangibles, empathy, responsiveness dan loyalitas nasabah diukur melalui modifikasi dengan poin yang disesuaikan dengan materi penelitian yang dikembangkan. Uji validitas dalam penelitian ini dilakukan dengan cara membandingkan nilai Correlated Item-Total Correlation (rhitung) >nilai rtabel dan nilai positif. Pengujian realibilitas menggunakan 30 subjek dilakukan dengan teknik Alpha Cronbach (α). Suatu variabel dikatakan reliabel jika memberikan nilai Alpha Cronbach > 0,60. Teknik analisis statistik yang digunakan adalah model persamaan struktural atau Structural Equation Modelling (SEM) dengan bantuan program AMOS 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keenam variabel memberikan pengaruh yang signifikan dan positif terhadap loyalitas nasabah dengan angka statistik Compliance (koefisien path = 0,188, C.R.= 2,370, dan p = 0,018); Assurance (koefisien path = 0,168, C.R.= 2,090, dan p = 0,037); Reliability (koefisien path = 0,159, C.R.= 1,966, dan p = 0,049); Tangibles (koefisien path = 0,205, C.R.= 2,309, dan p = 0,021); Empathy (koefisien path = 0,176, C.R.= 2,131, dan p = 0,033); dan Responsiveness (koefisien path = 0,236, C.R.= 2,317, dan p = 0,021). Kata Kunci: kepatuhan, jaminan, kehandalan, bukti langsung, empati, ketanggapan, loyalitas nasabah
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | Prof. Dr. H. Samdin, M.Si dan Prof. Dr. H. Hasan Aedy, M.Si |
Uncontrolled Keywords: | kepatuhan, jaminan, kehandalan, bukti langsung, empati, ketanggapan, loyalitas nasabah |
Subjects: | Ekonomi Islam |
Divisions: | PASCASARJANA > Prodi Ekonomi Islam |
Depositing User: | Tilman Syah . |
Date Deposited: | 01 Feb 2019 07:09 |
Last Modified: | 01 Feb 2019 07:09 |
URI: | http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1596 |
Actions (login required)
View Item |