MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAQ MELALUI METODE ROLE PLAY SISWA KELAS VIII MTS NEGERI 2 KONAWE

MUHAMMAD SAWAL, NIM. 12 01 01 01 048 (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAQ MELALUI METODE ROLE PLAY SISWA KELAS VIII MTS NEGERI 2 KONAWE. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (571kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (432kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (381kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (437kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (303kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Muhammad Sawal Nim : 12 01 01 01 048 Judul : Meningkatkan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Melalui Metode Role Play Siswa Kelas VIII MTsN 2 Konawe . Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat Action Research. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Untuk Mengetahui Penggunaan Metode Mengajar Role Play dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Pembelajaran Aqidah Akhlak Siswa Kelas VIII MTsN 2 Konawe; Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk memperbaiki berbagai persoalan nyata dan praktis dalam peningkatan mutu pembelajaran, meningkatkan profesionalisme dan menumbuhkan budaya akademik di kelas yang dialami langsung dalam interaksi antara guru dan siswa yang sedang belajar. Penlitian ini dilakukan dengan tes, observasi dan dokumentasi langsung di MTsN 2 Konawe untuk memperoleh data yang dibutuhkan dalam penelitian ini. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan sebanyak II siklus. Pada siklus I Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukukan dengan pendahuluan, kegiatan inti serta penutup. Hasilnya tidak semua siswa bersemangat untuk menyimpulkan apa yang mereka ketahui dari apa yang telah diperankan oleh teman mereka, hal ini dikarenakan sebagian siswa masih malu untuk mengemukakan jawabannya didepan teman-temannya. Ketuntasan secara klasikal 63,33% nilai rata-rata 75,1 yang berarti jumlah siswa yang telah memperoleh nilai ≥74 sebanyak 19 orang dan ≤74 sebanyak 11 orang. Penelitian ini berlanjut pada siklus II dikarenakan indikator yang telah ditetapkan belum tercapai 80% siswa telah mendapat nilai ≥74. Kemudian pada siklus II hasilnya menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada setiap siklus. Pada pelaksanaan survei awal memperoleh ketuntasan klasikal 43,33% nilai rata-rata 73,16 berarti jumlah siswa yang telah memperoleh nilai ≥74 sebanyak 33 orang dan ≤74 sebanyak 17 orang. Jadi, penggunaan metode role play dapat meningkatan hasil belajar aqidah akhlak pada siswa kelas VIII MTsN 2 Konawe.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Pairin, M.A
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, AQIDAH AKHLAQ, ROLE PLAY
Subjects: Aqidah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 15 Sep 2017 06:49
Last Modified: 15 Sep 2017 06:49
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/175

Actions (login required)

View Item View Item