STUDI PERBANDINGAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PAI DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH DAN CARD SORT PADA SISWA KELAS V SDN 74 TERAPUNG KABUPATEN BOMBANA

Asni, A (2019) STUDI PERBANDINGAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PAI DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH DAN CARD SORT PADA SISWA KELAS V SDN 74 TERAPUNG KABUPATEN BOMBANA. Masters thesis, IAN KENDARI.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (457kB) | Preview
[img]
Preview
Text
pengesahan dan pernyataan.pdf

Download (816kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (497kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata pengantar.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
pedoman trans literasi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (918kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (574kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (740kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (581kB) | Preview
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (742kB)
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (531kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (527kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran.pdf

Download (23MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nama Penyusun : Asni NIM : 17040202025 : Studi Perbandingan Motivasi dan Hasil Belajar PAI dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Index Card Match dan Card Sort pada Siswa Kelas V SDN 74 Terapung Kabupaten Bombana. Pembimbing I Judul Skripsi : Dr. Hj. St. Kuraedah, M.Ag. Pembimbing II : Dr. Abdul Kadir P., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis 1) motivasi dan hasil belajar PAI peserta didik yang diajar menggunakan strategi Index Card Match, 2) motivasi dan hasil belajar PAI peserta didik menggunakan strategi Card Sort, 3) perbedaan motivasi belajar PAI peserta didik menggunakan strategi Index Card Match dan Card Sort, dan 4) perbedaan hasil belajar peserta didik menggunakan strategi Index Card Match dengan Card Sort di kelas V SDN 74 Terapung Kabupaten Bombana. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitaif dengan metode eksperimen yang dilaksanakan di SDN 74 Terapung Kabupaten Bombana. Populasi penelitian adalah kelas VA, sampel ditetapkan dengan teknik purposive sampling, yaitu memilih dua kelas masing-masing kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dan angket. Tekhnik analisis data yang digunakan adalah t-test pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Motivasi belajar PAI peserta didik menggunakan strategi Index Card Match berada pada kategori tinggi yaitu 78 dan hasil belajarnya berada pada kategori sangat tinggi yaitu 88,40, 2) Motivasi dan hasil belajar PAI peserta didik yang menggunakan strategi Card Sort berada pada kategori tinggi, yaitu masing-masing senilai 74,55 dan 83.60, 3) Terdapat perbedaan motivasi belajar PAI peserta didik yang menggunakan Index Card Match dengan strategi Card Sort di kelas V SDN 74 Terapung Kabupaten Bombana, dengan kelas yang menggunakan strategi index card match lebih baik dibandingkan strategi Card Sort, 4) Terdapat perbedaan hasil belajar PAI peserta didik yang menggunakan Index Card Match dan strategi Card Sort di kelas V SDN 74 Terapung Kabupaten Bombana, dengan kelas yang menggunakan strategi Index Card Match lebih baik dibandingkan strategi Card Sort. ABSTRACT Name : Asni NIM. : 17040202025 Title : Comparative Study between Motivation and Learning Outcome of PAI Using Index Card Match and Card Sort of students at Class V SDN 74 Terapung, Bombana District. Supervisor I : Dr. Hj. St. Kuraedah, M.Ag. Supervisor II : Dr. Abdul Kadir P., M.Pd. This research aims to analyse 1) motivation and learning outcome of PAI for students using Index Card Match strategy, 2) motivation and learning outcomes of PAI for students using Card Sort strategy, 3) differences in PAI learning motivation of students using the Index Card Match and Card Sort strategies, and 4) differences in learning outcomes of students using Index Card Match strategies with Card Sort in class V of SDN 74 Terapung, Bombana district. This research is a quantitative study with an experimental method conducted at SDN 74 Terapung, Bombana. The study population was VA class; the sample was determined by purposive sampling technique, namely choosing two classes, by VA class as the experimental class and class VB as the control class. The instruments used were learning outcome test and questionnaire. The data analysis technique used was the t-test at 5 % significance level. The results showed: 1) The students’ learning motivation of learning PAI who were taught using Index Card Match strategy was in the high category, that is 78 and students’ learning outcomes of PAI of students using Index Card Match strategy were in the very high category, that is 88,40, 2) Motivation to learn PAI and learning outcome for learners using the Card Sort strategy was in the high category, that are, 74,55 and 83,60, 3) There was difference in learning motivation among students using Card Match Index and Card Sort strategy at class V of SDN 74 Terapung, Bombana. The class which with the Index Card Match strategy was better than the class implementing Card Sort strategy, 4) There was difference in PAI learning outcomes of students using the Card Match Index and the Card Sort strategy, with classes using Card Match Index strategy was better than class that implemented the Card Sort strategy. ﻢﺳﻹﺍ ﺚﺤﺒﻟﺍ ﺺﺨﻠﻣ ﻞﻴﺠﺴﺘﻟﺍ ﻢﻗﺭ ﻲﻨﺳﺃ : ﻉﻮﺿﻮﻣ ١٧٠٤٠٢٠٢٠٢٥ : ﺔﻴﺠﻴﺗﺍﺮﺘﺳﺇ ﻡﺍﺪﺨﺘﺳﺎﺑ ﻲﻣﻼﺳﻹﺍ ﻦﻳﺪﻟﺍ ﻢﻴﻠﻌﺗ ﺓﺩﺎﻤﻟ ﺞﺋﺎﺘﻧﻭ ﻊﻓﺍﻭﺪﻟﺍ ﻦﻴﺑ ﺔﻧﺭﺎﻘﻤﻟﺍ ﺔﺳﺍﺭﺩ : ﺔﻟﺎﺳﺮﻟﺍ Index Card Match ﺔﻴﺠﻴﺗﺍﺮﺘﺳﺇ ﻭ Card Sort ﻎﻧﻮﻓﺍﺮﺗ ٧٤ ﺔﻴﻣﻮﻜﺤﻟﺍ ﺔﻴﺋﺍﺪﺘﺑﻻﺍ ﺔﺳﺭﺪﻤﻟﺎﺑ ﺲﻣﺎﺨﻟﺍ ﻒﺼﻟﺍ ﺏﻼﻄ ﻟ ﻥﺎﻓﺮﺸﻤﻟﺍ ﺎﻧﺎﺒﻣﻮﺑ ﺔﻘﻄﻨﻤﺑ ) ﻞﻴﻠﺤﺗ ﻰﻟﺇ ﺚﺤﺒﻟﺍ ﺍﺬﻫ ﻑﺪﻬﻳ .ﺩ.ﻑ.ﻡ ﺭﺩﺎﻘﻟﺍ ﺪﺒﻋ ﺭﻮﺘﻛﺪﻟﺍ ﻭ ﻍ.ﺃ.ﻡ ﺔﻈﻳﺮﻗ ﻰﺘﺳ ﺭﻮﺘﻛﺪﻟﺍ : ﻦﻳﺪﻟﺍ ﻢﻴﻠﻌﺗ ﺓﺩﺎﻣ ﻲﻓ ﻢﻠﻌﺘﻟﺍ ﺞﺋﺎﺘﻧﻭ ﻊﻓﺍﻭﺩ ﻡﺍﺪﺨﺘﺳﺎﺑ ﻲﻣﻼﺳﻹﺍ ١ Index Card Match ﻦﻳﺪﻟﺍ ﻢﻴﻠﻌﺗ ﺓﺩﺎﻣ ﻲﻓ ﻢﻠﻌﺘﻟﺍ ﺞﺋﺎﺘﻧﻭ ﻊﻓﺍﻭﺩ ﺔﻴﺠﻴﺗﺍﺮﺘﺳﺇ ﻡﺍﺪﺨﺘﺳﺎﺑ ﻲﻣﻼﺳﻹﺍ )٢ Card Sort ﻢﻴﻠﻌﺘﻟﺍ ﻦﻴﺑ ﻕﺮﻔﻟﺍ )٣ Index Card Match ) ﻲﻣﻼﺳﻹﺍ ﻦﻳﺪﻟﺍ ﻢﻴﻠﻌﺗ ﺓﺩﺎﻤﻟ ﺔﻗﺎﻄﺒﻟﺍ ﺯﺮﻓ ﺔﻠﻴﺳﻭ ﻢﻴﻠﻌﺘﻟﺍ ﻦﻴﺑ ﻕﺮﻔﻟﺍ ٤ Index Card Match ﻭ ﻒﺼﻟﺍ ﺏﻼﻁ ﻢﻠﻌﺗ ﺞﺋﺎ ﺔﻴﺋﺍﺪﺘﺑﻻﺍ ﺔﺳﺭﺪﻤﻟﺍ ﻲﻓ ﺲﻣﺎﺨﻟﺍ ﺘﻧ ﻲﻓ ﻲﻣﻼﺳﻹﺍ ﻦﻳﺪﻟﺍ ﻢﻴﻠﻌﺗ ﺓﺩﺎﻤﻟ Card Sort ﺔﻴﺠﻴﺗﺍﺮﺘﺳﺇ .ﺎﻧﺎﺒﻣﻮﺑ ﺔﻘﻄﻨﻤﺑ ﻎﻧﻮﻓﺍﺮﺗ ٧٤ ﺔﻴﻣﻮﻜﺤﻟﺍ ﺕﺬﻔﻧ ﻲﺘﻟﺍ ﺔﺑﺮﺠﺘﻟﺍ ﻖﻳﺮﻁ ﻦﻋ ﻲﻤﻛ ﻞﻜﺸﺑ ﺚﺤﺒﻟﺍ ﻦﻋ ﺓﺭﺎﺒﻋ ﻮﻫ ﺚﺤﺒﻟﺍ ﺍﺬﻫ ﺔﻴﺋﺍﺪﺘﺑﻻﺍ ﺔﺳﺭﺪﻤﻟﺎﺑ ﻲﻓ ﺏﻼﻁ ﻮﻫ ﺚﺤﺒﻟﺍ ﻊﻤﺘﺠﻣ .ﺎﻧﺎﺒﻣﻮﺑ ﺔﻘﻄﻨﻤﺑ ﻦﻴﻔﺼﻟﺍ ﺭﺎﻴﺘﺧﺎﺑ ﺔﻓﺩﺎﻬﻟﺍ ﺕﺎﻨﻴﻌﻟﺍ ﺬﺧﺃ ﻖﻳﺮﻁ ﻦﻋ ﺝﺫﻮﻤﻨﻟﺍ ﻦ ﻎﻧﻮﻓﺍﺮﺗ ٧٤ ﺔﻴﻣﻮﻜﺤﻟﺍ ّﻴ ُﻋﻭ ،ﺲﻣﺎﺨﻟﺍ ﻒﺼﻟﺍ ِ .ﻢﻜﺤﺘﻟﺍ ﺔﺌﻔﻛ ﺏ ﺲﻣﺎﺨﻟﺍ ﻒﺼﻟﺍ ﺮﺧﻵﺍﻭ ﺔﺑﺮﺠﺘﻟﺍ ﻪﻴﻓ ﺕﺬﻔﻧ ﺃ ﺲﻣﺎﺨﻟﺍ ﻒﺼﻟﺍ ﺎﻤﻫﺪﺣﺃ ﺨﺘﺴﻤﻟﺍ ﻞﻴﻠﺤﺘﻟﺍ ﺏﻮﻠﺳﺃ .ﻥﺎﻴﺒﺘﺳﻻﺍﻭ ﻢﻠﻌﺘﻟﺍ ﺞﺋﺎﺘﻧ ﺭﺎﺒﺘﺧﺍ ﻲﻫ ﺔﻣﺪﺨﺘﺴﻤﻟﺍ ﺓﺍﺩﻷﺍ ﻮﻫ ﻡﺪ ﺏﻮﻠﺳﺃ ٥. :ﻥﺄﺑ ﺚﺤﺒﻟﺍ ﺞﺋﺎﺘﻧ ﺽﺮﻌﺗ % ﺮﻴﺒﻛ ﻯﻮﺘﺴﻣ ﻰﻠﻋ t-test ﻡﺍﺪﺨﺘﺳﺎﺑ ﺔﻴﺠﻴﺗﺍﺮﺘﺳﺇ ﻲﻣﻼﺳﻹﺍ ﻦﻳﺪﻟﺍ ﻢﻴﻠﻌﺗ ﺓﺩﺎﻤﻟ ﻢﻠﻌﺗ ﻊﻓﺍﻭﺩ )١ Index Card Match ﻢﻬﻳﺪﻟ ﻢﻠﻌﺘﻟﺍ ﺞﺋﺎﺘﻧﻭ ﺮﺒﻛﻷﺍ ﻯﻮﺘﺴﻣ ﻰﻠﻋ ﻲﻫ ﺔﻴﺠﻴﺗﺍﺮﺘﺳﺍ ﺲﻔﻨﺑ ﻢﻬﻤﻴﻠﻌﺗ ﻢﺘﻳ ﻲﺘﻟﺍ ٧٨ ﻲﻨﻌﻳ ، ﺮﻴﺒﻛ ﻯﻮﺘﺴﻣ ﻰﻠﻋ ﻲﻫ ﻊﻓ ﺔﻴﺋﺍﺪﺘﺑﻻﺍ ﺔﺳﺭﺪﻤﻟﺎﺑ ﺲﻣﺎﺨﻟﺍ ﻒﺼﻟﺍ ﺔﺒﻠﻁ ﻢﻠﻌﺗ ﺍﻭﺩ )٢ ،٨٨ ﻨﻌﻳﻲ ٤٠ ﺎﻧﺎﺒﻣﻮﺑ ﺔﻘﻄﻨﻤﺑ ﻡﺍﺪﺨﺘﺳﺎﺑ ﻎﻧﻮﻓﺍﺮﺗ ٧٤ ﺔﻴﻣﻮﻜﺤﻟﺍ ﻢﻠﻌﺘﻟﺍ ﺞﺋﺎﺘﻧﻭ ٥٥،٧٤ ﻲﻨﻌﻳ ﺮﻴﺒﻛ ﻯﻮﺘﺴﻣ ﻰﻠﻋ ﻲﻫ Card Sort ﺔﻴﺠﻴﺗﺍﺮﺘﺳﺇ ، )٣ ٦٠،٨٣ ﻲﻨﻌﻳ ﺎﻀﻳﺃ ﺮﻴﺒﻛ ﻯﻮﺘﺴﻣ ﻰﻠﻋ ﻲﻫ ﺔﻴﺠﻴﺗﺍﺮﺘﺳﺍ ﺲﻔﻨﺑ ﻢﻬﻤﻴﻠﻌﺗ ﻢﺘﻳ ﻲﺘﻟﺍ ﻢﻬﻳﺪﻟ ﺔﻴﺠﻴﺗﺍﺮﺘﺳﺍ ﻦﻴﺑ ﻕﺮﻔﻟﺍ ﻙﺎﻨﻫ Index Card Match ﻊﻓﺍﻭﺩ ﻲﻓ ﺔﻘﺑﺎﻄﻣ ﺔﻠﻴﺳﻭ ﻥﺍﺪﺷﺮﺗ ﺞﺋﺎﺘﻧ ﻲﻣﻼﺳﻹﺍ ﻦﻳﺪﻟﺍ ﻢﻴﻠﻌﺗ ﺓﺩﺎﻤﻟ ﺲﻣﺎﺨﻟﺍ ﻒﺼﻟﺍ ﺔﺒﻠﻁ ﻢﻠﻌﺗ ﻦﻣ ﻞﻀﻓﺃ ﺱﺮﻬﻔﻟﺍ ﺔﻗﺎﻄﺑ Card Sort ﺔﻴﺠﻴﺗﺍﺮﺘﺳﺇ ﻭ ﺔﻴﺠﻴﺗﺍﺮﺘﺳﺍ ﻦﻴﺑ ﻕﺮﻔﻟﺍ ﻙﺎﻨﻫ ،)٤ Card Sort ﺔﻴﺠﻴﺗﺍﺮﺘﺳﺇ Index Card Match ﺓﺩﺎﻤﻟ ﺲﻣﺎﺨﻟﺍ ﻒﺼﻟﺍ ﺔﺒﻠ ﻥﻮﻜﺗ ﻥﺄﺑ ﻲﻣﻼﺳﻹﺍ ﻦﻳﺪﻟﺍ ﻢﻴﻠﻌﺗ ﻁ ﻢﻠﻌﺗ ﺞﺋﺎﺘﻧ ﻲﻓ Card Sort ﺔﻴﺠﻴﺗﺍﺮﺘﺳﺇ ﻭ Index Card Match ﺔﻴﺠﻴﺗﺍﺮﺘﺳﺍ ﺔﻴﺠﻴﺗﺍﺮﺘﺳﺇ ﻦﻣ ﻞﻀﻓﺃ Card Sort . viivii

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pendikian agama islam, pendidikan, kinerja guru
Subjects: Kinerja Guru
Pendidikan
Pendidikan Islam
Islam (Umum)
Divisions: PASCASARJANA > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 19 Jul 2019 07:20
Last Modified: 19 Jul 2019 07:21
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1816

Actions (login required)

View Item View Item