PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK SISWA MAN 1 KENDARI

Radiyatul Adawiyah Al-Bahtawi, R (2019) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK SISWA MAN 1 KENDARI. Skripsi thesis, IAN KENDARI.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
pernyataan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata pengantar.pdf

Download (653kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (719kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (582kB) | Preview
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (733kB)
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (539kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK RADIYATUL ADAWIYAH AL-BAHTAWI, NIM. 15010101029, Judul: Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Group Investigation untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akidah Akhlak Siswa MAN 1 Kendari, (Dibimbing Oleh: Dr. H. Zulkifli Musthan, M,Si., M,Pd) Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau classroom action research. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah:Bagaimana meningkatkan hasil belajar akidah akhlak melalui penerapan cooperative learning tipe group investigation pada siswa kelas XI IPS 1 MAN 1 Kendari? Penelitian ini dilaksanakan di kelas kelas XI IPS I MAN 1 Kendaridengan jumlah siswa30 orang.Prosedur penelitian terdiri dari: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, (4) evaluasi, (5) refleksi. Sumber data adalah guru dan siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa, serta tes tertulis pada tiap siklus untuk mengetahui hasil belajar siswa. Faktor yang diselidiki yakni faktor siswa dan guru. Standar ketuntasan yang ditetapkan adalah apabila minimal 80% siswa memperoleh nilai ≥ 70. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: proses pembelajaran dengan model cooperativelearning tipe groupinvestigation dapat meningkatkan hasil belajar akidah akhlak siswa. Aktivitas siswa dan guru selama proses belajar mengajar meningkat dengan penggunaan model cooperativelearning tipe groupinvestigation. Hal ini bisa dilihat dari terus meningkatnya nilai keterlaksanaan pembelajaran yang diperoleh siswa dan guru selama proses pembelajaran. Pada siklus I aktivitas belajar siswa menunjukan nilai 42 atau 55,26%. Aktivitas guru memperoleh nilai 52 atau 68,42% untuk pelaksanaan pembelajaran. Selanjutnya pada siklus II perolehan nilai siswa kembali menunjukan peningkatanmenjadi 59 atau 77,73%. Aktifitas guru selama proses pembelajaran juga menunjukan perbaikan dengan perolehan nilai yang meningkat menjadi 68 atau 89,47%. Dengan demikian model cooperativelearning tipe groupinvestigationdapat meningkatkan keterlaksanaan pembelajaransiswa dan guru kelas XI IPS 1 di MAN 1 Kendari.Hasil evaluasi sebelum pelaksanaan tindakan nilai yang diperoleh siswa rata-rata sebesar 74,67 dengan 17 siswa atau 56,67% sisya yang mencapai KKM, sementara 13 atau 43,33% siswa belum mencapai KKM. Pada akhir siklus I nilai siswa menunjukan peningkatan menjadi 80,03 dengan 22 siswa atau 73,33% siswa mencapai KKM, sementara 8 atau 26,67% siswa belum mencapai KKM.Pada siklus II perolehan nilai siswa kembali menunjukan peningkatan dengan nilai rata-rata perolehan siswa 84,30 dengan 28 siswa atau 93,33% siswa mencapai KKM, sementara 2 atau 6,67% siswa belum mencapai KKM. Pencapaian siswa pada siklus II menunjukan peningkatan yang sekaligus manjadi akhir dari pelaksanaan penelitian ini, sebab standar ketuntasan yang ditentukan oleh sekolah adalah jika 80% siswa memperoleh nilai ≥ 75. v

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: pendidikan, pendidikan agama islam, strategi pembelajaran
Subjects: Manajemen
Kinerja Guru
Pendidikan
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 05 Aug 2019 03:54
Last Modified: 05 Aug 2019 04:02
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1846

Actions (login required)

View Item View Item