NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM TRADISI DUATA MASYARAKAT SAMA WAKATOBI

Hasruddin, H (2019) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM TRADISI DUATA MASYARAKAT SAMA WAKATOBI. Skripsi thesis, IAN KENDARI.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text
pernyataan dan eprsetujuan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata pengantar.pdf

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (539kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (421kB) | Preview
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (653kB)
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (401kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Hasrudin, NIM: 15 01 01 01 071. Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Tradisi Duata Masyarakat Sama Wakatobi (DIbimbing Oleh: Dr. H. Herman, M.Pd. ) Skripsi ini membahas tentang nilai-nilai pendidikan karakter dalam tradisi duata pada masyarakat Sama Wakatobi. Dalam perspektif kajian budaya dan tradisi lisan, penelitian ini mengangkat realitas lapangan yang empirik yang berkaitan dengan permasalahan nilai-nilai karakter. Tradisi duata yang merupakan sebuah ritual dalam upaya permohonan kesembuhan dari penyakit yang secara medis tidak bisa disembuhkan lagi. Dalam perkembangannya tradisi duata dapat dijadikan sebagai media dalam mentransfer nilai-nilai karakter pada masyarakat. Masalah yang diteliti dirumuskan dalam dua pertanyaan berikut ini. (1) bagaimana pelaksanaan tradisi duata pada masyarakat Sama Wakatobi? (2) bagaiamana nilai-nilai pendidikan karakter dalam tradisi duata pada masyarakat Sama Wakatobi? Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat kualitatif deskriptif dengan lokasi penelitian di desa Mola Bahari pada masyarakat Sama Wakatobi. Sumber data dalam penelitian yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Data lapangan diperoleh dari informan yang dipilih secara purposif. Peneliti bertindak sebagai instrumen utama, dibantu pedoman wawancara, kamera-foto, dan alat tulis. Data lapangan dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumen. Keabsahan data penelitian ini yaitu melalui tiga tahap (1) perpanjangan pengamatan, (2) ketekunan (3)triangulasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan karakter dalam tradisi Duata sebagai berikut: (1) Nilai religius, (2) Nilai jujur (3) Nilai toleransi (4) Nilai disiplin, (5) Nilai kerja keras, (6) Nilai Kreatif, (7) Nilai Demokratis, (8) Nilai komunikatif. Penanaman nilai pendidikan karakter tidak hanya dapat dilakukan melalui lembaga pendidikan formal saja, tetapi juga dapat melalui tradisi. Tradisi atau kebudayaan dapat dijadikan sebagai media penanaman nilai pendidikan karakter. Kata Kunci: Sama, Duata, Karakter

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: pendidikan karakter, sosial budaya masyarakat
Subjects: Budaya Organisasi
Pendidikan
Sosial dan Budaya Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 05 Aug 2019 05:53
Last Modified: 05 Aug 2019 05:53
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1847

Actions (login required)

View Item View Item