Erwin Arifin (12010101065), E (2019) ANALISIS BUDAYA RELIGIUS DISEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK ) TERPADU AL-ANSHAR KECAMATAN PADANGGUNI KABUPATEN KONAWE. Skripsi thesis, IAN KENDARI.
|
Text
cover.pdf Download (376kB) | Preview |
|
|
Text
pengesaha.pdf Download (452kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak.pdf Download (374kB) | Preview |
|
|
Text
kata pengantar.pdf Download (392kB) | Preview |
|
|
Text
daftar isi.pdf Download (373kB) | Preview |
|
|
Text
bab 1.pdf Download (409kB) | Preview |
|
|
Text
bab 2.pdf Download (519kB) | Preview |
|
|
Text
bab 3.pdf Download (412kB) | Preview |
|
Text
bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (519kB) |
||
|
Text
bab 5.pdf Download (386kB) | Preview |
|
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (385kB) | Preview |
|
|
Text
lampiran.pdf Download (839kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Erwin Arifin, Nim 12010101065, Judul: “ Analisis Budaya Religius di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK ) terpadu Al-anshar Kecamatan Padangguni Kabupaten Konawe”. (Dosen Pembimbing Ir. Hj. Ety Nur Innah, M.Si ). Skripsi ini membahas tentang budaya religius di sekolah menengah kejuruan (SMK ) terpadu Al-anshar. Penelitian ini mengangakat realita lapangan yaitu menginternaliasasi nilai-nilai keagamaan dalam kahidupan sehari-hari. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK ) terpadu Al-anshar telah menerapkan budaya religius guna untuk mendidik siswa agar menamkan nilai-nilai keagamaan dalam dirinya dan kehidupan sehari-hari. Namun berdasarkan pengamatan yang peneliti lakukan ternyata masih banyak pelanggaran yang dilakukan oleh siswa di SMK terpadu Al-anshar, seperti bolos sekolah, tidak mengikuti sholat berjamaah, dll. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui budaya religius di sekolah menengah kejuruan (SMK ) terpadu Al-anshar. Permasalahan yang diteliti dalam skripsi ini adalah Bagaimana Budaya Reigius yang ada di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK ) terpadu Al-Anshar Kecamatan Padangguni? Metodologi dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Metode kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Penelitian dengan pendekatan ini memiliki karakteristik alami sebagai sumber data langsung, deskriptif, proses lebih dipentingkan dari pada hasil, analisis dalam penelitian kualitatif cenderung dilakukan secara analisa induktif dan makna merupakan hal yang esensial. Data lapangan diperoleh dari informan yang dipilih secara purposif. Peneliti bertindak sebagai informan utama, dibantu pedoman wawancara, kamera foto, dan alat tulis. Data lapangan diperoleh dengan tekhnik observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Keabsahan data penelitian ini yaitu melalui triangualasi. Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah : Budaya Religius yang diterapkan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK ) Terpadu Al-anshar yaitu membaca Al-Qur’an, sholat dhuha berjama’ah, sholat dzuhur secara berjama’ah, mengucapkan salam apabila bertemu dengan guru, menjaga kebersihan, gotong royong, saling hormat dan toleran, sopan santun serta taat pada aturan sekolah. Adapun upaya sekolah dalam memelihara budaya religius disekolah tersebut salah satunya yakni menerapkan aturan mengenai budaya religius, memberikan pemahaman dan keteladanan kepada siswa tentang budaya religius. KATA KUNCI: Budaya religius, Nilai Agama dan Nilai Sosial.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | pendidikan karakter di sekolah, pendidikan agama islam |
Subjects: | Pendidikan Pendidikan Islam Islam (Umum) Aqidah Ahlak |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Andi Nila Nurfadhilah |
Date Deposited: | 08 Aug 2019 06:15 |
Last Modified: | 08 Aug 2019 06:15 |
URI: | http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1860 |
Actions (login required)
View Item |