FITRIYANI 15010101023, F (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI STRATEGI THINK PAIR SHARE DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SISWA SMP NEGERI 1 MELUHU KABUPATEN KONAWE. Skripsi thesis, IAN KENDARI.
|
Text
cover.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
abstrak.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
pengesahan.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
kata pengantar.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
daftar isi.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
bab 1.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
bab 2.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
bab 3.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text
bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
|
Text
bab 5.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
lampiran.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK FITRIYANI, NIM 15010101023, Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam melalui Strategi Think Pair Share dengan Menggunakan Media Gambar Siswa SMP Negeri 1 Meluhu, Program studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari (Dibimbing oleh La Hadisi, S.Ag, M.Pd.I) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ativitas guru dan siswa dalam pembelajaran serta mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menerapkan strategi Think Pair Share dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas VIIIA SMP Negeri 1 Meluhu. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Reserch). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA SMP Negeri 1 Meluhu pada tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah siswa 26 orang, penelitian ini dilaksanakan 2 siklus dimana masing-masing siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi. Indikator keberhasilan siswa dalam penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar siswa dilihat dari meningkatnya rata-rata kelas dan persentase ketuntasan belajar mencapai 80%. Data diperoleh dengan menggunakan instrumen tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas siswa dan guru berada pada kategori baik. Aktivitas guru pada siklus I diperoleh 76.19%, dan meningkat menjadi 95.23% pada siklus II. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I pertemuan pertama diperoleh skor 80%, dan meningkat menjadi 95% pada siklus II. Adapun hasil belajar mengalami peningkatan dimana rata-rata hasil belajar siswa sebelum diterapkannya strategi Think Pair Share dengan menggunakan media gambar adalah 69.57 dengan persentase 53.84%. Setelah dilakukan siklus I diperoleh nilai rata-rata 75.03 dengan persentase 73.07% dan pada siklus II diperolah hasil belajar dengan rata-rata 83.38 dengan persentase 88.46%, sehingga peningkatan dari pra siklus ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 19.85%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | STRATEGI PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM, MEDIA PEMBELAJARAN, MEDIA GAMBAR DALAM METODE PEMBELAJARAN |
Subjects: | Kinerja Guru Pendidikan Pendidikan Islam Islam (Umum) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Andi Nila Nurfadhilah |
Date Deposited: | 10 Sep 2019 07:34 |
Last Modified: | 10 Sep 2019 07:53 |
URI: | http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1889 |
Actions (login required)
View Item |