PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SSCS ( SEARCH, SOLVE, CREATE, SHARE ) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 KAMBOWA KABUPATEN BUTON UTARA

MARLENA SAPUTRA 15010101084, M (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SSCS ( SEARCH, SOLVE, CREATE, SHARE ) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 KAMBOWA KABUPATEN BUTON UTARA. Skripsi thesis, IAN KENDARI.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (839kB) | Preview
[img]
Preview
Text
pengesahan.pdf

Download (946kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (839kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata pengantar.pdf

Download (859kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (662kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (886kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (844kB) | Preview
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (654kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (757kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Marlena Saputra, NIM. 15010101084 “ Penerapan Model Pembelajaran SSCS (Search, Solve, Create, Share) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PAI Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Kambowa Kabupaten Buton Utara “ Dibimbing Oleh Dr. Hj. St. Kuraedah, M.Ag Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PAI pada siswa kelas VIII SMPN 3 Kambowa melalui penerapan model pembelajaran SSCS (Search, Solve, Create, Share). Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran SSCS (Search, Solve, Create, Share) pada mata pelajaran PAI di kelas VIII SMPN 3 Kambowa dan apakah model pembelajaran SSCS (Search, Solve, Create, Share) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di kelas VIII SMPN 3 Kambowa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan, dengan objek penelitian siswa kelas VIII yang berjumlah 20 siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif yakni untuk memberikan gambaran mengenai peningkatan hasil belajar siswa, aktivitas guru dan siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran SSCS (Search, Solve, Create, Share). Aktivitas guru dalam melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran SSCS (Search, Solve, Create, Share) yaitu: guru memberikan salam dan memulai pembelajaran dengan mengucapkan basmalah kemudian berdoa, mengabsensi siswa, menyampaikan tujuan pembelajaran, menyampaikan langkah-langkah model pembelajaran SSCS (Search, Solve, Create dan Share), membagi kelompok, membagikan LKS, membimbing siswa mengerjakan LKS, memfasilitasi siswa dalam memperoleh informasi dan data dalam mengerjakan LKS, meminta kepada masing-masing kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas, membimbing siswa bersama-sama menarik kesimpulan pembelajaran, menutup pembelajaran dengan doa dan salam. Aktivitas siswa dalam melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran SSCS (Search, Solve, Create, Share) yaitu: siswa menjawab salam dan berdoa bersama-sama sebelum memulai pembelajaran, mendengarkan tujuan pembelajaran, mendengarkan langkah-langkah pembelajaran model SSCS (Search, Solve, Create dan Share), membentuk kelompok, melakukan diskusi kelompok, membuat laporan untuk dipresentasikan di depan kelas, mempresentasikan hasil diskusi kelompok di depan kelas, membuat kesimpulan, menutup pembelajaran dengan doa dan salam. Penerapan model pembelajaran SSCS (Search, Solve, Create, Share) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa sebelum tindakan dengan ketuntasan belajar mencapai 40% dengan nilai rata-rata 63.3. Persentase hasil belajar siswa pada siklus I dengan ketuntasan belajar mencapai 70% dengan ratarata sebesar 75.2. kemudian Hasil belajar siswa pada siklus II meningkat secara signifikan yaitu dengan persentase ketuntasan belajar mencapai 90% dengan nilai rata-rata 79.55.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: model pembelajaran sscs (search, solve, create,share), peningkatan hasil belajar
Subjects: Kinerja Guru
Pendidikan
Pendidikan Islam
Islam (Umum)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 17 Sep 2019 03:40
Last Modified: 17 Sep 2019 03:40
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1898

Actions (login required)

View Item View Item