INTEGRASI SAINS DALAM MATERI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN ISLAM

Imelda, Wahyuni (2016) INTEGRASI SAINS DALAM MATERI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN ISLAM. Zawiyah, 2 (2). pp. 75-93. ISSN 2477-6149

[img]
Preview
Text
1. ZJPI-Vol 2 No 1 Desember 2016- INTEGRASI SAINS DALAM MATERI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB.Pdf.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. PCX - Report-ZJPI Vol 2 No 1 Desember 2016- INTEGRASI SAINS DALAM MATERI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB.Pdf.pdf

Download (383kB) | Preview
Official URL: http://ejournal.iainkendari.ac.id/http://ejournal....

Abstract

Makalah ini membahas tentang integrasi ilmu dalam penyusunan materi pembelajaran bahasa Arab pada Pendidikan Tinggi Islam di Indonesia.Pembelajaran bahasa Arab tidak terlepas dari studi linguistik, khususnya dalam memahami beberapa istilah yang terkait dengan pemaknaan kata "bahasa".Makna dari kata tersebut sangat terkait dengan tujuan pembelajaran bahasa, sehingga bahasa dapat diartikan sebagai ilmu dan juga sebagai alat komunikasi.Penelitian ini juga menggambarkan beberapa karakteristik bahasa yang dapat mencerahkan pemahaman peserta didik tentang bahasa pada umumnya, pemahaman tersebut diharapkan dapat disinergikan dengan materi pembelajaran satu satu bahasa asing di Pendidikan Tinggi Islam, yaitu bahasa Arab.Desain materi pembelajaran bahasa Arab harus berdasarkan fakta-fakta, konsep, prinsip, dan keterampilan.Faktanya adalah realitas sosial -budaya dari lingkungan akademis dan kebutuhan disiplin keilmuanmasing-masing fakultas sangat beragam.Penggunaan studi konseptual dalam penyusunan materi membantu representasi teoritis mengenai materi pembelajaran bahasa Arab.Prinsip dalam penyusunan materi tersebut seyogyanya sejalan dengan prinsip belajar bahasa Arab, yang merupakan prinsip prioritas, gradasi, dan motivasi. Materi pembelajaran bahasa Arab dapat mencakup materibeberapa komponen keterampilan berbahasa dan sesuai dengan kemampuan dasar bahasa pebelajar serta berbasis penjenjangan, sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran yang terintegrasi. Integrasi sainsdalam materi pembelajaran bahasa Arab untuk memfasilitasi disiplin keilmuansetiap jurusan pada Perguruan Tinggi Islam.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Sains, Materi Pembelajaran Bahasa Arab, dan Pendidikan Tinggi Islam
Subjects: Pendidikan Islam
Islam (Umum)
Ilmu Bahasa
Divisions: KARYA TULIS ILMIAH DOSEN > DSN_IMELDAWAHYUNI
KARYA TULIS ILMIAH DOSEN > DSN_IMELDAWAHYUNI
Depositing User: Dr Imelda Wahyuni
Date Deposited: 29 Nov 2019 07:10
Last Modified: 29 Nov 2019 07:10
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2117

Actions (login required)

View Item View Item