MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI PERMAINAN ENGKLEK PADA ANAK KELOMPOK B TK NURUL HIKMAH DESA TALAGA II KABUPATEN BUTON TENGAH

FILDAWATI 15010105009, F (2019) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI PERMAINAN ENGKLEK PADA ANAK KELOMPOK B TK NURUL HIKMAH DESA TALAGA II KABUPATEN BUTON TENGAH. Skripsi thesis, IAN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER ABSTRAK DAFTTAR ISI.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (488kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (574kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (477kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (549kB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA LAMPIRAN.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Fildawati , NIM.15010105009 “Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Permainan Engklek Pada Anak Kelompok B TK Nurul Hikmah Desa TalagaII Kabupaten Buton Tengah.” Dibimbing oleh Jumardin La Fua, S.Si, M.Si Penelitian ini dilatar belakangi banyaknya ditemui anak yang kemampuan motorik kasar masih rendah, ini kurangnya disebabkan oleh kurangnya tekhnik pembelajaran yang menyenangkan, kemampuan penggunaan media pembelajaran, kreatifitas dalam penggunaan metode. Penelitian ini tentang meningkatkan kemampuan motorik kasar melalui permainan engklek pada usia Taman Kanak-Kanak. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada peningkatan kemampuan motorik kasar dengan menggunakan metode bermain dengan media permainan engklek pada anak kelompok B di TK Nurul Hikmah Desa Talaga II Kab. Buton Tengah. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi dan evaluasi. Subjek penelitian adalah 16 anak kelompok B TK Nurul Hikmah Desa Talaga II, Kab. Buton Tengah tahun pelajaran 2018/2019, yang terdiri dari 6 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, dokumentasi, dan penilaian. Hasil penelitian menunjukkan perolehan nilai ketuntasan kemampuan anak meningkat setiap tahapannya dimana perolehan pada pra tindakan sebesar 37,5%, meningkat menjadi 62,5% pada tindakan siklus I dan mencapai 87,5% pada tindakan siklus II.maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan kegiatan dalam meningkatkan kemampuan motorik kasar melalui permainan engklek dapat dilaksanakan secara optimal di kelompok B TK Nurul Hikmah Desa Talaga II, Kab.Buton Tengah. Kata kunci: kemampuan motorik kasar, anak usia dini, permainan engklek

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KEMAMPUAN MOTORIK KASAR, MEDIA ENGKLEK , TK NURUL HIKMAH DESA TALAGA II KABUPATEN BUTON TENGAH
Subjects: Agama
Manajemen
Kinerja Guru
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 17 Dec 2019 03:23
Last Modified: 17 Dec 2019 03:23
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2172

Actions (login required)

View Item View Item