PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN MIND MAP (PETA PIKIRAN) PADA SISWA KELAS VIII-A SMP NEGERI 37 KONAWE SELATAN

SRI ANNISA BINTANG NIM. 12010101112, S (2019) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN MIND MAP (PETA PIKIRAN) PADA SISWA KELAS VIII-A SMP NEGERI 37 KONAWE SELATAN. Skripsi thesis, IAN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER DAFTAR ISI DAN ABSTRAK.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (544kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (460kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (597kB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (573kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Sri Annisa Bintang NIM 12010101112. Peningkatan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Strategi Pembelajaran Mind Map (Peta Pikiran) Pada Siswa Kelas VIII-A Di SMP Negeri 37 Konawe Selatan. Dibimbing Oleh: Dr. Masdin, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : 1) Penerapan strategi pembelajaran mind map (peta pikiran) dalam rangka peningkatan motivasi belajar siswa pada pembelajaran pendidikan agama Islam di kelas VIII-A SMP Negeri 37 Konsel. 2) Mengetahui penerapan strategi pembelajaran mind map apakah dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di kelas VIII-A SMP Negeri 37 Konsel. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan pola siklus, setiap siklus terdapat empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus dilakukan sebanyak dua kali pertemuan dengan alokasi waktu untuk setiap pertemuan 2×60 menit. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah tes (soal), non tes (lembar observasi), wawancara, dan dokumentasi. Indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu kemampuan siswa dalam mencapai indikator keberhasilan motivasi yaitu 75 yang diukur melalui kemampuan siswa dalam membuat mind map dengan menuliskan dan menggunakan garis atau simbol sebanyak mungkin untuk menghubungkan antar informasi/materi. mengaplikasikan warna, dan kemampuan siswa dalam menyusun subtopik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Ada peningkatan motivasi belajar siswa pada pembelajaran pendidikan agama Islam setelah diterapkannya strategi pembelajaran mind map yang dilihat dari 4 hal yaitu: Meningkatnya minat, perhatian, partisipasi, dan ketekunan belajar PAI siswa dari skor rata-rata 9,41 pada siklus I, menjadi 13,53 pada siklus II dengan kategori motivasi belajar tinggi. 2) Ada keberhasilan strategi pembelajaran mind map dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran pendidikan agama Islam yang dilihat dari beberapa hal diantaranya: 1) Daya hafal siswa meningkat dimana siswa mampu menjelaskan kembali materi yang telah diterima dari guru. 2) Pemahaman konsep siswa meningkat yang dilihat dari kemampuan siswa menyajikan informasi yang terhubung dengan topik sentral dalam bentuk kata kunci. 3) Daya kreativitas siswa meningkat yaitu siswa telah mampu membuat cabang garis yang banyak pada pembuatan mind map dan cara siswa menghubungkan topik sentral menggunakan garis lengkung pada setiap informasi. Kata kunci : Mind map, motivasi belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: MIND MAP (PETA PIKIRAN), SMP NEGERI 37 KONAWE SELATAN
Subjects: Agama
Kinerja Guru
Pendidikan
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 18 Dec 2019 03:43
Last Modified: 18 Dec 2019 03:43
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2186

Actions (login required)

View Item View Item