PENGARUH PEMANFAATAN LABORATORIUM IPA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMP NEGERI 1 WANGI-WANGI

USMAN 15010107022, U (2019) PENGARUH PEMANFAATAN LABORATORIUM IPA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMP NEGERI 1 WANGI-WANGI. Skripsi thesis, IAN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER ABSTRAK DAFTAR ISI.pdf

Download (624kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (587kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (577kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (505kB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTRA PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK USMAN, NIM. 15010107022, “Pengaruh Pemanfaatan Laboratorium IPA Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di SMP Negeri 1 WangiWangi”. Dibimbing Oleh: Bapak Zul Arham S.Si, M.Si Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hasil belajar siswa sebelum pemanfaatan laboratorium IPA di SMP Negeri 1 Wangi-Wangi (2) Hasil belajar siswa setelah pemanfaatan laboratorium IPA di SMP Negeri 1 Wangi-Wangi (3 ) Pengaruh pemanfaatan laboratorium IPA terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri 1 Wangi-Wangi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Tehnik analisis data yang dilakaukan dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas VIII E yang berjumlah sebanyak 20 siswa. Tehnik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan tehnik purposive random sampling. Desain penelitian menggunakan one group pretest-postest. Hasil penelitian, peneliti memperoleh untuk uji normalitas pada pretest x 2 hitung 6,32 dan postest x 2 hitung = 3,71 dimana x 2 tabel = 11,07 sehingga kedua data tersebut berdistribusi normal, dimana x 2 hitung<x 2 tabel. Untuk uji homogenitas didapatkan Fhitung 2,39 sedangkan Ftabel 4,41, karena diperoleh Fhitung < Ftabel maka kedua sampel tersebut homogen. Sedangkan uji hipotesis t didapat harga thitung = 8,33 dan ttabel = 2,042 dimana thitung > ttabel yaitu 8,33 > 2,042 sekaligus menyatakan Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, data menunjukan bahwa terdapat pengaruh pemanfaatan laboratorium IPA terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri 1 Wangi-Wangi. Dimana hasil belajar siswa yang diajar setelah pemanfataan laboratorium lebih baik dibandingkan hasil belajar siswa yang diajar sebelum pemanfataan laboratorium. Kata kunci: Hasil Belajar, Laboratorium IPA, SMP Negeri 1 Wangi-Wangi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMANFAATAN LABORATORIUM IPA, SMP NEGERI 1 WANGI-WANGI
Subjects: Pendidikan
Ilmu Murni
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan IPA
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 20 Dec 2019 06:19
Last Modified: 20 Dec 2019 06:19
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2209

Actions (login required)

View Item View Item