PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SD NEGERI 02 KENDARI

Idha Fitriani, NIM.15010104087, I (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SD NEGERI 02 KENDARI. Skripsi thesis, IAN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER DAFTAR ISI DAN ABSTRAK.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Idha Fitriani, NIM.15010104087, Judul Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achivement Division (STAD) Menggunakan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS SD Negeri 02 Kendari (Dibimbing Oleh: Raehang S.Ag.,M.Pd.I). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui penerapan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) menggunakan media audio-visual pada siswa kelas IVc SD 02 Kendari. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc.Taggart. penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdapat kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen peneliti menggunakan lembar tes dan lembar observasi. Teknik analisis secara deskriptif kualitatif fan deskriptif kualitatif. Data yang dianalisis secara deskriptif kuantitatif adalah hasil belajar, sedangkan data yang dianalisis secara deskriptif kualitatif adalah hasil observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan digunakannya model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) menggunakan media audio-visual dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa. Peningkatan hasil belajar siswa tersebut dapat dilihat dari nilai yang diperoleh siswa sebelum dan sesudah dilakukan tindakan. Sebelum dilakukan tindakan ada 21 siswa atau 55,62% dari seluruh siswa yang mendapat nilai ≥ 70. Setelah dilakukan tindakan dengan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) menggunakan media audio-visual di siklus I, hasil tes di siklus I ada 21 siswa atau 71,05% dari seluruh siswa yang mendapat nilai ≥ 70. Demikian pula setelah dilakukan perbaikan dengan memodifikasi model pembelajaran heterogen, pembagian tugas dalam kelompok, pembagian waktu dan pemberian penghargaan yang lebih menarik pada siklus II, dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa, ditandai ada 32 siswa atau 84, 21% dari seluruh siswa yang mendapat nilai ≥ 70%. Nilai rata-rata tes meningkat, pada siklus I yaitu 75,86 sedangkan pada siklus II yaitu 82,92. Kata Kunci: Hasil belajar IPS, Model Student Team Achievement Division (STAD), Media Audio-Visual.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD), SD NEGERI 02 KENDARI
Subjects: Manajemen
Kinerja Guru
Pendidikan
Islam (Umum)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 27 Dec 2019 03:01
Last Modified: 27 Dec 2019 03:01
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2229

Actions (login required)

View Item View Item