PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DI SMPN 1 BESULUTU KABUPATEN KONAWE

FERNI, NIM. 15010107003, F (2019) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DI SMPN 1 BESULUTU KABUPATEN KONAWE. Skripsi thesis, IAN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER DAFTAR ISI DANABSTRAK.pdf

Download (856kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (484kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (556kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (573kB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK FERNI, NIM. 15010107003 “Perbandingan Model Pembelajaran Problem Solving dan Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA di SMPN 1 Besulutu Kabupaten Konawe” dibimbing oleh Pembimbing, Ismaun S.Si., M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Problem Solving pada materi ekosistem di SMPN 1 Besulutu Kabupaten Konawe (2) hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi ekosistem di SMPN 1 Besulutu Kabupaten Konawe (3) mengetahui perbedaan hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran Problem Solving dan Problem Based Learning di SMPN 1 Besulutu Kabupaten Konawe. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian ini adalah pretest-posttest control group design. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Besulutu pada semester genap. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Besulutu yang terdiri dari 3 kelas paralel. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes hasil belajar siswa berbentuk soal pilihan ganda. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan secara random sehingga terpilih dua kelas masing-masing kelas VIIB berjumlah 24 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VICB berjumlah 25 orang siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar. Model Problem solving dan Problem Based Learning sebagai variabel independen dan hasil belajar sebagai variabel dependen. Data dianalisis dengan menggunakan t-test pada taraf signifikansi 5 %atau α = 0,05. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran problem solving menunjukan nilai rata-rata sebesar 83,48, (2) hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran problem based learning nilai rata-rata sebesar 73,83. (3) hasil belajar IPA antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran problem solving dan problem based learning diperoleh nilai t hitung > t tabel pada taraf 0,05%, yakni 3,60 > 2,011, maka Ho ditolak dan Ho diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan model problem solving lebih baik dibandingkan problem based learning pada materi ekosistem. Kata kunci : Model Pembelajaran Problem Solving, Model Pembelajaran Problem Based Learning, Hasil Belajar IPA

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DAN PROBLEM BASED LEARNING, SMPN 1 BESULUTU KABUPATEN KONAWE
Subjects: Pendidikan
Ilmu Murni
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan IPA
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 02 Jan 2020 06:31
Last Modified: 02 Jan 2020 06:31
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2250

Actions (login required)

View Item View Item