RASIATI, NIM. 14010101029., R (2019) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA KENAKALAN SISWA DI MADRASAH TSANAWIAH UNTU MELAMBI DI WAKATOBI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.
|
Text
COVER DAFTAR ISI DAN ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (543kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (645kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 3.pdf Download (300kB) | Preview |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (492kB) |
||
|
Text
BAB 5.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK RASIATI, NIM. 14010101029. “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Kenakalan Siswa Di Madrasah Tsanawiah Untu Melambi Kecamatan Wangi-Wangi Timur Wakatobi”, Melalui Bimbingan Abbas, S.Ag, MA Penelitian ini tentang strategi guru pendidikan agama Islam dalam membina kenakalan siswa di Madrasah Tsanawiah Untu Melambi Kecamatan Wangi-Wangi Timur. Kajian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan bentuk-bentuk kenakalan siswa di Madrasah Tsanawiah Untu Melambi Kecamatan Wangi-Wangi Timur. dan untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi guru pendidikan agama Islam dalam membina kenakalan siswa di Madrasah Tsanawiah Untu Melambi Kecamatan Wangi-Wangi Timur Wakatobi. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif dimana prosedur penelitian yang menghasilkan data deskripsi berupa kata-kata tertulis atau tulisan dari informan dan perilaku yang dapat diamati. Objek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru pendidikan agama Islam, siswa-siswi Madrasah Tsanawiah Untu Melambi Kecamatan Wangi-Wangi Timur. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah dengan cara observasi langsung, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini dengan cara trianggulasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa: strategi guru dalam Membina Kenakalan Siswa di Madrasah Tsanawiyah Untu Melambi Kecamatan WangiWangi Timur Kabupaten Wakatobi yaitu memberikan nasehat kepada siswa dikelas atau secara individual, yasinan bersama dan melaksanakan sholat dzuhur berjamaah di mesjid, terhadap siswa yang telah mengalami tingkah laku kenakalan di sekolah, pebinaan terhadap siswa yang melakukan kenakalan atau yang telah menjalani hukuman akibat kenakalnnya, pemberian hukuman yang memberi efek jera pada siswa yang melakukan kenakalan di sekolah. Pembinaan Keagamaan siswa di Madrasah Tsanawiyah Untu Melambi Kecamatan Wangi-Wangi Timur Kabupaten Wakatobi tergolong dalam kenakalan ringan seperti tidak memperhatikan guru saat pembelajaran berlangsung, saat proses pembelajaran, membuang sampah sembarangan, berkeliaran saat jam pelajaran berlangsung, keluar dari lingkungah sekolah tanpa izin. Adapula siswa yang berpacaran mengotori gedung sekolah. Dan ada juga siswa membawa rokok di sekolah, merokok di lingkungan sekolah. Faktor yang mendukung pembinaan kenakalan siswa di Madrasah Tsanawiah Untu Melambi Kecamatan Wangi-Wangi Timur Kabupaten Wakatobi da dua, yaitu faktor dari dalam seperti potensi fisik, intelektual dan hati yang dibawa siswa dari sejak lahir. Kedua adalah faktor dari luar seperti kedua orang tua di rumah, guru di sekolah, dan tokoh masyarakat. faktor penghambat pembinaan kenakalan siswa di Madrasah Tsanawiah Untu Melambi Kecamatan Wangi-Wangi Timur Kabupaten Wakatobi adalah dari segi sarana dan prasarana dan kedisiplinan. Hal ini sangat penting dalam pembinaan akhlak Islamiah para siswa sehingga guru harus betulbetul memberikan contoh yang baik terhadap siswanya agar mewujudkan peserta didik yang berakhlak mulia, terampil dan berprestasi. Kata Kunci: Strategi, Guru Pendidikan Agama Islam, Kenakalan Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Strategi, Guru Pendidikan Agama Islam, Kenakalan Siswa |
Subjects: | Kinerja Guru Pendidikan Pendidikan Islam Islam (Umum) Aqidah Ahlak |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Andi Nila Nurfadhilah |
Date Deposited: | 17 Feb 2020 06:05 |
Last Modified: | 17 Feb 2020 06:05 |
URI: | http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2283 |
Actions (login required)
View Item |